Wakatobi

Pembangunan Terminal Tipe B Wakatobi Ditarget Tuntas 2023

KENDARINEWS.COM — Pembanguan Terminal Tipe B di Wakatobi terus dilanjutkan dan tahun ini mendapat alokasi dana melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Provinsi Sulawsi Tenggara (Sultra) sebesar Rp 2,3 miliar lebih. Proyek yang dimulai sejak tahun 2019 lalu itu ditargetkan tuntas nanti pada tahun 2023 mendatang.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Wakatobi, Hariadin, menjelaskan. pembanguan tersebut baru masuk kategori tahap awal. Mengingat harus disesuaikan dengan kemampuan anggaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra. Artinya kegiatan ini masih akan terus berlanjut hingga ke tahap berikutnya. “Jadi anggaran yang dikucurkan untuk pekerjaan lanjutan pematangan penumpang Pelabuhan Numana Wakatobi tersebut tahun ini mencapai Rp 2,3 miliar,” ujarnya, Senin (14/12). Hariadin menambahkan, kegiatan lanjutan ini merupakan penimbunan di area pelabuhan penyeberangan antarpulau Kaledupa, Tomia dan Binongko.

“Pelabuhan tersebut telah eksis menjadi penghubung antarpulau Wangi-Wangi dengan tiga pulau besar lainnya selama bertahun-tahun. Kita memilih di Pelabuhan Numana karena laju pergerakan penumpang kapal yang dari, maupun ke Kaledupa, Tomia dan Binongko itu ada di sana. Sehingga sangat tepat jika Terminal Tipe B ini dibangun di sana,” tambahnya. Sementara anggaran untuk Pelabuhan Buranga di Pulau Kaledupa dikucurkan dari APBN untuk pembangunan sisi darat. Jika tahun depan juga ada tambahan anggaran, maka dipastikan akan dikembangkan lagi pembangunannya. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top