Kolaka Utara

Pembangunan Terminal Tipe B Lasusua Mandek

KENDARINEWS.COM– Pembangunan terminal tipe B di Kecamatan Lasusua Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) belum sepenuhnya rampung. Lahan yang telah ditembok pada keempat sisinya itu kini mulai ditumbuhi rumput liar.

Kadis Perhubungan Kolut, Ir Junus menyampaikan jika pembangunan terminal yang ditangani pihak pemerintah provinsi (pemprov) tersebut dijanjikan pengerjaan lanjutannya pada 2022 mendatang. Ia pun berharap agar proyek tersebut bisa segera rampung agar bisa difungsikan. “Tahun ini belum dianggarkan. Namun kami dijanji 2022 mendatang,” ucap Junus.

Setidaknya kata Junus, jika isi terminal tersebut semisal ruang tunggu, kamar mandi hingga WC telah tersedia maka sudah bisa difungsikan. Meski begitu, ia pun berharap jika pengerjaan tahun depan lekas kelar maka di akhir tahun bisa dioperasikan. “Paling lambat 2023 difungsikan,” katanya.

Terkait PAD terminal tersebut nantinya akan mengalir ke pemkab sebesar 60 persen selaku pengelolah dan 40 persen untuk pemprov. Kolut sudah perlu memiliki terminal trasportasi umum karena dari kalkulasi jumlah roda empat angkutan penumpang di wilayah tersebut lebih dari seratus unit.

Hanya saja, tidak adanya terminal membuat keberadaan mereka tidak terkordinir secara pasti. Angkutan tersebut dominan melayani rute lintas kabupaten dan provinsi baik dari Kolut-Kolaka, Kendari, Morowali, Makassar dan lainnya. (rus) 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top