HEADLINE NEWS

Pembangunan SPAM PDAM Kendari di Konawe belum Dapat Izin Pemda


KENDARINEWS.COM — Impian warga metro untuk menikmati layanan air bersih masih belum bisa terwujud. Itu dikarenakan rencana pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) PDAM Kendari di Desa Tabanggele belum mendapatkan izin dari Pemkab Konawe. Dampaknya Groundbreaking SPAM yang dijadwalkan tahun ini harus molor hingga waktu yang belum ditentukan.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir sangat menyayangkan proyek senilai Rp 380 miliar itu belum bisa berjalan. Padahal pihaknya telah menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan mulai regulasi, edukasi masyarakat, dan lainnya termasuk memastikan kesiapan anggaran dari investor.

Di sisi lain, pihaknya telah bersedia memberikan pelayanan air bersih kepada sebagian masyarakat Konawe khususnya yang bermukim di Kecamatan Sampara dan Anggalo Moaere. “Tinggal itu saja kendalanya. Kita belum dapat izin dari Pemda Konawe. Selebihnya semua sudah siap. Kalau ada izin kita langsung bergerak cepat,” kata Sulkarnain Kadir kemarin.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menambahkan pihaknya terus meyakinkan Pemkab Konawe untuk memberikan izinnya. Pasalnya kehadiran SPAM PDAM selain untuk memenuhi kebutuhan warga metro juga memenuhi kebutuhan air bersih sebagian warga Konawe.

Sementara itu, Ketua DPRD Kendari, Subhan mengaku pihaknya terus melakukan pendampingan terhadap pemkot dalam upaya mendapatkan izin dari Pemkab Konawe. “Kami terus mengawal. Sebab inisudah menjadi aspirasi masyarakat Kota Kendari yang sudah lama merindukan aif bersih. Saat ini, ada layanannya. Akan tetapi belum bisa memenuhi ekspektasi masyarakat dikarenakan kondisi sarana infrastruktur SPAM yang ada sudah tua sehingga mempengaruhi kualitas air yang dihasilkan,” kata Subhan.

Namun demikian, ia menyakini proyek ini akan berjalan tahun depan. “Kita hargai itu, tapi kita akan terus upayakan untuk meyakin mereka bahwa SPAM Tabanggele ini hadir untuk memenuhi kebutuhan air bersih didua wilayah. Yaitu Kota Kendari dan Kabupaten Konawe,” kata Subhan. (b/ags)

SPAM PDAM Tabanggele
Nilai Investasi Rp 380 Miliar
Pemenang Tender PT Adhy Karya
Masa Kerja 1,5 Tahun

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top