Metro Kendari

Pembangunan Jalur Lingkar Luar Dilanjutkan

KENDARINEWS.COM — Pengerjaan jalur lingkar luar atau outer ring road akan dilanjutkan tahun ini. Hanya saja, anggaran pengerjaannya tidak lagi dibebankan ke APBD Pemkot Kendari. Pada tahun 2021, pembangunannya dialihkan ke Kementerian Pekerja Umum dan Perumahaan Rakyat (KemenPUPR) melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) XXI Kendari.

Wali Kota Kendari, H Sulkarnain Kadir mengatakan pengerjaan jalur lingkar luar tetap menjadi prioritas. Makanya, pihaknya terus berusaha mencari sumber pembiayaan. Apalagi anggaran yang dibutuhkan tidak sedikit. Upaya pemerintah membuahkan hasil. Pengerjaan outer ring road akan dituntaskan BPJN XXI Kendari. Sebelum ditangani BPJN, pihaknya telah menyelesaikan pekerjaan sekira 40 persen.

“Kalau hanya mengandalkan APBD, kita akan sangat terbebani. Oleh karena itu, kemarin kami coba membangun komunikasi dengan pemerintah pusat lewat balai (BPJN). Alhamdulillah, telah disetujui. Tahun ini, anggarannya sudah akan ditangani pemerintah pusat melalui APBN,” kata Sulkarnain Kadir.

Sulkarnain yakin, hadirnya jalan lingkar luar dapat memecah arus lalu lintas dalam kota sehingga tidak terjadi kemacetan seiring perkembangan kota yang semakin pesat. “Ini merupakan torobosan pemerintah untuk mengantisipasi kemacetan dalam kota di waktu mendatang,” ucapnya.

Pembangunan outer ring road sambungnya, merupakan upaya memperpendek jarak tempuh, memecah kemacetan dalam kota, serta memisahkan kendaraan bertonase besar sehingga tidak masuk ke dalam kota. “Jalur ini juga akan menghubungkan Kendari dengan beberapa kabupaten tetangga seperti Konawe dan Konawe Selatan. Jalur ini akan melewati kawasan terminal tipe A yang sedang dibangun dan pelabuhan Bungkutoko,” jelasnya.

Terpisah, Kepala BPJN XXI Kendari, Yohanis Tulak Todingrara membenarkan kelanjutan pembangunan outer ring road diambil alih Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga dalam hal ini BPJN Kendari. Hanya saja, ia tak secara gamblang menjelaskan rencana pembangunannya ke depan. “Pembangunan outer ring road ditangani balai jalan. Kita mulai tahun ini,” pungkasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top