Bombana

Pembangunan Habiskan Puluhan Miliar, Tiga Pukesmas di Bombana Diresmikan

KENDARINEWS.COM — Bupati Bombana H. Tafdil meresmikan tiga Puskesmas diwilayah otoriternya. Tiga fasilitas kesehatan (Faskes) tersebut yaitu Puskesmas Rarowatu Utara, Puskesmas Lombakasih dan Puskesmas Masaloka Raya. Pembangunan Puskesmas tersebut merupakan salah satu bentuk nyata dari keseriusan Pemkab Bombana, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Bombana untuk terus meningkatkan layanan dibidang kesehatan bagi masyarakat.

H. Tafdil mengatakan pemerintah sangat memberi perhatian terhadap peningkatan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat. Upaya ini dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) sebagimana visi dan misi Pemkab Bombana yang tertuang dalam RPJMD tahun 2017-2021. “Dengan diresmikanya Puskesmas di Rarowatu Utara, Lombakasih dan di wilayah Masaloka ini, layanan kesehatan bagi masyarakat di Bombana semakin lebih baik lagi. Sehingga derajat kesehatan masyarakat di Kabuapten Bombana semakin meningkat,” tuturnya kemarin.

Gedung baru ini sambung bupati dua periode ini, adalah bentuk upaya nyata Pemkab Bombana dalam meningkatkan  kualitas layanan kesehatan kepada masyarakat. Dengan gedung baru, yang lebih besar, lebih luas dan lebih representatif dari pada gedung yang lama. Tentunya dengan harapan bahwa pemberian pelayanan kesehatan yang lebih baik bukan hal yang mustahil. “Ini aset daerah yang harus kita jaga bersama, baik itu pemerintah maupun masyarakat,” ujarnya.

Kepala Dinkes, Bombana Sunandar mengungkapkan tiga gedung UPTD Puskesmas tersebut menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik afirmasi mencapai puluhan miliar. Diharapkan dengan hadirnya Puskesmas puskesmas yang lebih lengkap dan baik lagi, derajat kesehatan masyarakat akan lebih meningkat.

UPTD Puskesmas Rarowatu Utara lanjutnya, mulai dibangun pada tahun anggaran 2019. Untuk pembangunan Puskesmas Rarowatu Utara menggunakan DAK Fisik afirmasi senilai  Rp 6,39 miliar. Pembangunan gedung ini juga dilengkapi dengan Perumahan Dinas untuk tenaga kesehatan yang juga yang pembangunannya juga berasal dari DAK afirmasi 2020 sebesar Rp 769 juta.

Tidak hanya fisik gedung, pihaknya turut menyiapkan Alat Kesehatan (Alkes) yang memadai dengan memanfaatkan alokasi anggaran dari DAK afirmasi senilai Rp 1,78 miliar. Selain itu, Puskesmas ini turut dilengkapi dengan sarana Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang dibangun dengan anggaran sebesar Rp 611 juta.

Sementara UPTD Puskesmas Lombakasih kata dia, dibangun pada tahun anggaran 2020 dengan menggunakan DAK Fisik afirmasi senilai  Rp 6,42 miliar. Pembangunan gedung ini juga dilengkapi dengan Perumahan Dinas untuk tenaga kesehatan yang juga di pembangunannya berasal dari DAK afirmasi 2020 sebesar Rp 718 juta. “UPTD Puskesmas Lombakasih ini juga sudah di dukung dengan ketersediaan  Alkes yang juga memanfaatkan alokasi anggaran dari DAK afirmasi senilai Rp 1,69 miliar,” pungkasnya. Dan satu lagi Puskesmas Masaloka Raya. Seluruh Puskesmas ini diperuntukan bagi masyarakat agar merasakan pelayanan yang baik. (b/idh)

UPTD Puskesmas yang Diresmikan

  1. Puskesmas Rarowatu Utara
    Gedung Rp 6,39 miliar
    Rumah Dinas Rp 769 juta
    Alkes Rp 1,78 miliar
    IPAL Rp 611 juta
  2. Puskesmas Lombakasih
    Gedung Rp 6,42 miliar.
    Rumah Dinas Rp 718 juta
    Alkes Rp 1,69 miliar
  3. Puskesmas Masaloka Raya
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top