Wakatobi

Pembahasan APBD 2021 Wakatobi Tunggu Jadwal DPRD


KENDARINEWS.COM — Tahap pembahasan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Wakatobi tahun 2021 masih akan dikooordinasikan dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Pihak Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) menanti jadwal pertemuan yang ditargetkan berlangsung pada November ini.
Namun sebelum melakukan pembahasan, pihak Seksi Perencanaan melakukan kegiatan praktik secara langsung terkait sistem baru dalam mempercepat pembahasan APBD induk. Pasalnya pada tahun 2021 mendatang, akan ada perubahan sistem.

“Kalau tahun lalu memakai SIMDA, tapi sekarang beda lagi. Perencanannya, RKPD kebijakannya, program kegiatan dan belanjaan sudah masuk satu sistem,” terang Kepala DPKAD Wakatobi, Juhaidin, kemarin. Pihaknya menargetkan bisa segera dilakukan atau paling tidak bulan November ini dihelat. “Tapi kalau nilai APBD induk kita belum tahu karena masih menunggu kebijakan. Minggu depan diupayakan masuk di DPRD sekalian tunggu jadwal pembahasan,” sambungnya.

Namun tahun 2021 mendantang, Pemkab harus mengacu pada pedoman yang ada. Sementara untuk anggaran penanganan Covid-19, pihaknya mengaku masih ada program terkait pembiayaan tersebut. Apalagi Pemerintah Pusat mengharapkan agar anggaran penanganan pandemi Covid-19, tetap dialokasikan. “Khususnya di instansi teknis seperti Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah pasti ada,” tutup Juhaidin. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top