Konawe Kepulauan

Pelayanan Puskesmas di Konsel Dioptimalkan


KENDARINEWS.COM — Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) dalam meningkatkan layanan kesehatan masyarakat terus dioptimalkan. Itu dibuktikan dengan penyerahan lima unit mobil ambulans oleh Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga pada sejumlah Puskesmas di otoritanya.
Penyerahan bantuan armada ambulans itu berlangsung di halaman kantor Bupati Konsel, Selasa (22/9).

Penyerahan kendaraan operasional bagilima Puskesmas di Kecamatan yang dilakukan Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga (kiri), kemarin.

Penerima unit kendaraan tersebut adalah dari Puskesmas Tinanggea, Palangga, Sabulakoa, Pamandati dan Ranomeeto Barat. Bantuan yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) Dinas Kesehatan Konsel itu adalah bagian dari realisasi janji bupati pada masyarakat dan para tenaga medis saat menggelar rapat koordinasi kesehatan pada beberapa kecamatan, awal tahun 2020 ini. Bupati Konsel, H. Surunuddin mengungkapkan, bantuan tersebut sebagai realisasi dan janji politiknya terhadap beberapa kecamatan yang belum memiliki kendaraan operasional di Puskesmas.

“Alhamdulillah secara bertahap saya realisasikan janji kala itu untuk menyediakan kendaraan operasional. Untuk peralatan medis telah kita distribusikan jauh sebelumnya,” ungkapnya, kemarin. Ia berharap dengan diserahkannya kendaraan operasional itu, peran Puskesmas dan tenaga medis dalam penanganan dan pencegahan penyakit bisa lebih cepat dan lebih maksimal. “Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak menangani keluhan kesehatan masyarakat. Saya berharap dapat lebih meningkatkan standar layanan kesehatan hingga ke pelosok desa. Ini juga sesuai tagline Desa Maju Konsel Hebat khususnya terdepan di bidang kesehatan,” imbuhnya.

Ditambahkan, kebutuhan transportasi pendukung penting diadakan. Mengingat luas wilayah dan jangkauan pelayanan antar desa, khususnya di Kecamatan Laonti yang hanya bisa dilalui via laut. “Untuk Kecamatan Laonti saya minta bersabar. Dalam waktu dekat ini, kita juga akan serahkan operasional berupa speed boat,” tambahnya.

Di tempat yang sama, kepala Dinkes Konsel, dr. Maharayu menjelaskan, sumber anggaran pengadaan alat transportasi tersebut berasal dari DAK afirmasi dan reguler tahun 2020. “Sebelumnya, kita sudah serahkan 30 unit jenis kendaraan roda dua diberbagai Puskesmas se-Konsel,”tambahnya. Maharayu juga menambahkan, untuk transportasi laut yang berjumlah 2 unit untuk Desa Bungin dan Desa Wawosunggu sedang dalam pengerjaann. Saat ini penyelesaiannya dipercepat sesuai perintah bupati. “Semua Ini bukti kepedulian bupati terhadap peningkatan kualitas dan pelayanan kesehatan di Konsel,” tandas Maharayu. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top