Wakatobi

Pelayanan Keliling Disdukcapil Wakatobi Dua Kali Setahun

KENDARINEWS.COM — Kendati kekurangan anggaran dan terkendala peralatan pendukung, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Wakatobi berencana tetap akan melakukan pelayanan keliling. Jika normalnya bisa sampai empat kali, maka tahun 2021 ini kemungkinan hanya dilakukan dua kali saja. Target awal agenda ini akan dilakukan dalam waktu dekat. Kepala Disdukcapil Wakatobi, Abdul Rahim, mengakui, pelayanan keliling memang telah menjadi agenda tahunan pihaknya. Meski tahun 2021 dinilai berat, namun mereka berupaya akan melakukan pelayanan hingga ke pulau-pulau. “Untuk anggarannya nanti kita kondisikan,” ungkapnya, Selasa (4/5).

Rahim tak memungkiri, sejak tahun 2020 lalu bahkan jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) pihaknya melakukan pelayanan keliling di delapan kecamatan dengan segala keterbatasan yang ada. “Bahkan sebelum turun, saya menanyakan ke staf siapa yang mau ke Kaledupa sekalian pulang kampung atau ke pulau lainnya agar bisa bantu pelayanan di sana. Karena memang kita tidak didukung dengan anggaran. Sehingga kadang untuk transport dan uang makannya menggunakan dana sendiri,” ungkapnya.

Berkat kerja keras dan komitmen dari seluruh staf, akhirnya mereka mampu mengantarkan Disdukcapil Wakatobi meraih prestasi membanggakan tahun 2020 lalu. “Alhamdulillah meski terbatas kita mampu melewatinya bahkan melampaui target nasional. Tahun lalu penerbitan kartu keluarga (KK) kita 100 persen, kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) 98 persen lebih, kartu identitas anak (KIA) melebihi target nasional sebanyak 21 persen lebih. Kita berharap semangat itu tetap tumbuh dan konsisten lagi tahun ini,” harapnya.

Namun, pihaknya tak bisa berbuat banyak. Satu-satunya alat penunjang yang digunakan saat ini merupakan pinjaman dari pusat. “Khusus KTP-el dan KIA, kami hanya punya satu alat. Tapi untuk urusan dokumen lainnya Insya Allah kami siap memberikan pelayanan prima,” ujar Rahim. Sekadar diketahui, pihak Disdukcapil menghentikan sementara waktu pelayanan KIA. Sementara untuk dokumen lainnya tetap dibuka pelayanan dari pagi hingga siang hari. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top