Pelayanan Adminduk di Kecamatan Nambo Dialihkan ke Kecamatan Abeli

KENDARINEWS.COM — Kantor Kecamatan Nambo belum mengantongi izin layanan administrasi kependudukan (Adminduk) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Karena itu, warga Nambo yang mengurus e-KTP, Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran dan lainnya dialihkan ke Kantor Kecamatan Abeli.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Kendari, Iswanto Dongge mengungkapkan meski secara administratif wilayah Nambo sudah dimekarkan menjadi sebuah kecamatan, namun belum diikuti dengan pemberian izin layanan Adminduk.

Suasana layanan adminduk di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kendari. AGUS SETIAWAN/KENDARI POS

“Karena belum ada Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri) Adminduk, Kecamatan Nambo itu belum bisa (memberikan pelayanan) karena sistem Adminduk diatur dalam Undang-undang (UU),” kata Iswanto Dongge, kemarin.

Untuk mengakomodir warga Nambo yang ini mengurus Adminduk, maka layanan dialihkan ke kecamatan induk yakni Abeli. “Jadi di Kantor Camat Nambo itu untuk sementara hanya menerima berkas dan menyampaikan ke UPTD Dukcapil di Kecamatan Abeli,” kata Iswanto Dongge.

Mantan Inspektur Pembantu Inspektorat Kendari ini menambahkan, pihaknya terus membangun komunikasi dengan Kemendagri Permendagri Administrasi Kependudukan bisa segera diterbitkan. Jika sudah ada izin, maka pihaknya siap melayani masyarakat. Pasalnya, pihaknya sudah menyiapkan UPTD di Kecamtan Nambo, termasuk alat dan perlengkapan yang dibutuhkan seperti alat perekaman E-KTP. (ags/b)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *