Politik

Pelantikan Muchtar dan Asrin Tunggu SK Mendagri

KENDARINEWS.COM — Proses pergantian antar waktu (PAW) dua anggota DPRD Sultra Rasyid (Fraksi PKS) dan mendiang Nur Ihsan Umar (Fraksi Demokrat) tengah bergulir. Adalah Muchtar yang akan menggantikan mendiang Nur Ihsan. Sedangkan Rasyid (Calon Wakil Bupati Konsel) diganti oleh Asrin. Pelantikan kedua anggota DPRD PAW masih menunggu keputusan Mendagri Tito Karnavian.

Trio Prasetyo

Sekretaris DPRD Sultra, Trio Prasetyo mengatakan, informasi terakhir yang ia terima dari Kemendagri, surat keputusan (SK) penetapan Muchtar dan Asrin sebagai legislator segera diterbitkan.
“Jika SK sudah terbit, nantinya akan diterima staf penghubung di DPR RI,” kata Trio Prasetyo kepada Kendari Pos, Selasa (22/12).

Ketika SK penetapan telah terbit, sambung Trio Prasetyo, langkah selanjutnya akan dilakukan penjadwalan pengambilan sumpah jabatan keduanya yakni Muchtar dan Asrin. “Jadwal pelantikan, paling lama dua hari setelah SK dari Kemendagri diterbitikan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua KPU Sultra mengatakan, penetapan Muchtar dan Asrin sebagai anggota DPRD PAW telah memenuhi ketentuan regulasi yang berlaku. Dalam pasal 426, ayat 3 undang-undang nomor7 tahun 2017, menyebut calon terpilih anggota DPR, DPRD provinsi dan kabupaten/kota sebagaimana yang dimaksud pada ayat 1 diganti oleh KPU, provinsi, dan kabupaten/kota dengan calon dari daftar calon tetap partai politik yang sama.

Selan itu, kata dia, calon PAW berada daerah pemilihan yang sama serta meraih suara terbanyak berikutnya saat pilcaleg. “Muchtar dan Asrin telah memenuhi kriteria dasar dalam proses PAW,” katanya. (ali/b).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top