Metro Kendari

Pelantikan Kepala Disdukcapil Masih Tunggu Rekomendasi Dirjen Dukcapil

KENDARINEWS.COM — Dari lima jabatan yang dilelang, masih ada satu kursi yang masih lowong. Hingga kini, jabatan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari belum terisi. Padahal empat pejabat yang menduduki peringkat pertama seleksi lelang Jabatan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) telah dilantik.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengakui belum melantik jabatan Kepala Disdukcapil. Penundaan tersebut lantaran pihaknya belum menerima rekomendasi dari Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil). Awalnya, pelantikan akan dilaksanakan tanggal 31 Mei lalu.

“Belum diputuskan (Kepala Disdukcapil Kendari) siapa yang lulus. Rekomendasinya belum kami terima. Kalau sudah ada segera kita lantik,” kata Sulkarnain Kadir.

Seleksi pejabat eselon II Disdukcapil lanjutnya, berbeda dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya. Pasalnya dalam proses asesment melibatkan dari unsur Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Dirjen Dukcapil.

Kendati demikian, dia memastikan seleksi yang dilakukan sesuai prosedur atau Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor 15 tahun 2019 tentang tentang tata cara pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) secara terbuka dilingkungan instansi pemerintah.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (kiri) melantik pejabat struktural. Hingga kini, jabatan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) belum dilantik. Pasalnya, pemerintah belum menerima rekomendasi dari Dirjen Dukcapil

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kendari, Susanti mengatakan masih menunggu hasil penilai atau rekomendasi atas usulan panitia JPTP ke Ditjen Dukcapil terkait peserta yang dianggap mampu memimpin Disdukcapil kedepannya.

“Berdasarkan hasil seleksi, kami usulkan 10 nama. Nanti diseleksi lagi oleh dirjen dukcapil berdasarkan paparan program unggulan yang bersangkutan berkaitan dengan pengelolaan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil ke Dirjen Dukcapil. Hasilnya akan disampaikan ke kami untuk kemudian disahkan dan dilantik oleh Wali Kota,” kata Susanti.

Meski begitu, Mantan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kendari ini memastikan ASN terpilih nantinya adalah mereka yang benar memiliki kapasitas dan kemampuan menjadi seorang leader dilingkupnya. Pasalnya, mereka dihasilkan melalui seleksi yang ketat. Baik seleksi di tingkat daerah maupun di tingkat pusat. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top