Sulawesi Tenggara

Pelabuhan Tampo Dibenahi, Rute Dialihkan ke Tondasi

KENDARINEWS.COM — Rehabilitasi Pelabuhan Penyeberangan Tampo di Kabupaten Muna, akan dilakukan. Dengan begitu, rute Kapal Motor Penumpang (KMP) Rumbiah dan KMP Nuku dialihkan ke lintasan Torobulu (Konawe Selatan)-Tondasi (Muba Barat). Jarak pelayaran Torobulu-Tondasi sendiri ditempuh selama 3,5 jam. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sulawesi Tenggara (Sultra), Hado Hasina, menjelaskan, langkah pengalihan tersebut dilakukan karena akan dilaksanakan pekerjaan rehabilitasi Pelabuhan Tampo, sehingga aktivitas pelayanan jasa angkutan penyeberangan dihentikan sementara. “Memang kalau dari Torobulu melalui Tampo, ditempuh selama 2 jam hingga 2,5 jam. Lebih cepat. Tapi, Insyaallah ini tidak akan lama,” janji Hado Hasina, Senin. (12/10).

Untuk diketahui, penumpang kelas ekonomi dewasa perorang dikenakan tarif penyeberangan sebesar Rp 40 ribu sementara anak Rp 33 ribu. “Sementara untuk kendaraan, tergantung golongannya. Golongan I perunit Rp 17 ribu, golangan II Rp 48 ribu, golongan III Rp 180 ribu. Sementara golangan IV kosong per unit Rp480 ribu, golangan V kosong Rp 850 ribu. Kemudian golongan VI kosong perunit Rp 1.100.000, golongan VII kosong Rp 1.700.000 dan golongan VIII kosong perunit Rp 2.700.000. Sementara barang perton Rp 27 ribu,” rinci Kadishub Sultra.

Sementara itu Sekretaris Kabupaten (Sekab) Muna Barat (Mubar), LM Husen Tali, menjelaskan, jadwal pemgalihan pelayarana itu mulai akan berlaku pada pekan depan. “Saya imbau kepada seluruh perangkat desa, camat dan seluruh masyarakat agar menjaga ternak peliharaannya. Jangan kandangnya di dekat rumah, tapi sapi berkeliaran di jalan,” tegasnya. Demikian pula akses masuk dan keluar di Pelabuhan Tondasi juga harus menjadi perhatian. “Meski ini tidak lama, tapi ini adalah sebuah peluang besar. Kalau pelayanan kita bagus dari Tondasi keluar Muna Barat, maka ini juga akan menjadi perhatian khusus. Karena itu mari kita sama-sama perhatikan dan pelihara ini. Karena ini juga adalah bagian dari aset dan sebuah kepercayaan yang baik,” ungkapnya. (b/rah/yaf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top