Politik

PDIP Sebut Perempuan Jalan Peradaban Bangsa

KENDARINEWS.COM — Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan, betapa besar peran kaum perempuan memastikan suksesnya Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19. “Semua bisa melihat betapa pentingnya peran kaum perempuan. Di tengah lockdown di rumah akibat pandemi Covid-19, para ibu sekaligus hadir sebagai pendidik anak-anaknya. Bagi PDIP, Perempuan adalah jalan peradaban Indonesia,” ujar Hasto dalam memperingati Hari Ibu 22 Desember 2020, Senin (21/12).

Hasto Kristiyanto

Bahkan, lanjut Hasto, mengutip Bung Karno, kaum perempuan adalah mula-mula induk dari suatu kultur. Perempuan lah yang membangun kultur yang utama dan bukan laki-laki. Karena itu, menurutnya, PDIP selalu memberikan ruang yang besar bagi kaum perempuan. Ini bukan karena faktor elektoral semata. Namun langkah yang sesuai visi Bung Karno dan pesan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri terhadap kepeloporan perempuan.

“Kami berharap pesan Ibu Megawati Soekarnoputri dapat kita jalankan. Persoalan emansipasi perempuan bagian dari emansipasi bangsa. Artinya, keterlibatan dan kesadaran diri dari kaum perempuan untuk bersama kaum laki-laki, untuk mewujudkan Indonesia Merdeka,” urai Hasto.

Sementara, Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan, Puan Maharani, mengatakan, separuh dari rakyat Indonesia adalah perempuan. Ini berarti separuh dari energi bangsa Indonesia adalah kaum perempuan. “Atau seperti Bung Karno sampaikan, perempuan adalah salah satu dari dua sayapnya seekor burung. Maka jelas diperlukan peran aktif perempuan yang menyeluruh dan berkelanjutan. Apalagi perempuan berperan besar di dalam keluarga sebagai titik awal pendidikan anak di rumah,” kata ketua DPR itu.

Ia mengakui sampai saat ini perempuan masih menghadapi banyak kendala. Baik dari sosial, ekonomi, hingga berbagai permasalahan lainnya. Namun, yang paling utama, adalah menyadarkan bahwa menyertakan perempuan bukanlah pekerjaan afirmatif, namun merupakan kesadaran atas penghargaan harkat dan martabat manusia.

“Gotong royong seluruh rakyat Indonesia semakin penting. Apalagi untuk memulihkan Indonesia dari dampak pandemi Covid-19. SAya juga mengajak semua bahwa tahun 2021, sebagai tahun Indonesia menjawab semua tantangan, tahun pemulihan, tahun kebangkitan Indonesia dari pandemi Covid-19,” tegasnya. (jp)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top