Metro Kendari

PDAM Segera Tambah Dua Pompa Baru


KENDARINEWS.COM — Distribusi air ke pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Anoa Kendari sebulan belakangan ini terganggu. Air yang keluar dari jaringan pipa PDAM di enam Kecamatan (Puuwatu, Mandonga, Kadia, Wua-wua, Kendari, Kendari Barat) tak menentu. Paling cepat, empat hari sekali. Padahal kebutuhan akan air bersih tak bisa ditunda-tunda.

Damin

Direktur PDAM Tirta Anoa Kendari, Damin mengakui layanan air mengalami gangguan lantaran beberapa pompa mesin PADM mengalami kerusakan. Saat ini, prosesnya masih tahap perbaikan.

“Pompa yang rusak itu Screw Pump (pompa air baku) atau pompa yang mengangkat air dari sungai ke bak prased. Ini terus kita perbaiki agar kebutuhan air di Kota Kendari bisa terpenuhi,” ungkapnya kemarin.

Begitu pun lanjutnya, pompa dari bak prased ke pengolahan di Punggolaka. Dari empat unit, tiga diantaranya mengalami kerusakan akibat peralatannya yang sudah tua. Targetnya 2021 akan ada tambahan dua unit pompa baru.

“Sekarang yang beroperasi sisa satu, kami sudah genjot hari ini (kemarin) untuk pemasangan lagi satu, jadi ada dua pompa dari bak prased yang beroperasi ke tempat pengolahan. Sistemnya estafet, diharapkan akan ada perubahan,” ujarnya.

Diakuinya, PDAM Tirta Anoa mengalami masalah beruntun. Belum selesai masalah pompa, kini pipanya yang bermasalah. Pompa Screw Pump (pompa air baku), yang mengangkat air dari sungai ke bak prased, pompa dorongnya masih baru jadi tekanannya sangat kencang.

“Dampaknya, pipa jadi lepas disambungan. Pipa transmisinya kan besar jadi untuk membenahinya harus pelan pelan, belum lagi kalau ada pipa bocor, ini sangat sulit dibenahi. Tapi kita tidak pernah berhenti bekerja demi memenuhi kebutuhan air masyarakat,” ungkapnya.

Di sisi lain kata dia, pengembangan sumber dan pengolahan air yang terbatas. Mengingat pertumbuhan penduduk tidak sebanding dengan air yang diproduksi untuk kebutuhan masyarakat. Namun demikian, petugas di lapangan terus melakukan tanggung jawabnya dengan maksimal.

“Kita menginginkan masyarakat Kota Kendari menikmati air bersih 24 jam, tapi keterbatasan APBD dan APBN tidak bisa memaksimalkan pelayanan. Makanya kita melalui pemerintah kota melakukan kerjasama dengan investor untuk mengembangkan pelayanan air kepada masyarakat bisa 24 jam,” tutupnya. (b/m2)

Penyebab Air PDAM Terganggu

  1. Pompa Screw Rusak
    -Pompa Air Sungai ke Bak Prased (1 Unit)
    -Pompa Air dari Bak Prased ke Pengolahan (3 Unit)
  2. Pipa Transmisi Lepas
  3. Sumber Pengolahan Air Terbatas

Upaya Penanganan
Penambahan 2 Unit Mesin Pompa 2021
Jajak Kerjasama dengan Investor

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top