HEADLINE NEWS

PBM Tatap Muka Dimulai Januari, Jadwal Masuk Sekolah Dibuat Fleksibel

KENDARINEWS.COM — Kerinduan pelajar SMA/SMK sederajat berkumpul bersama temannya di sekolah segera terobati. Januari 2021, proses belajar mengajar (PBM) tatap muka akan dimulai. Kebijakan pembukaan sekolah ini merujuk restu Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud). Saat ini, Pemprov Sultra tengah mematangkan perisiapan PBM tata muka.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, Asrun Lio mengatakan belajar tatap muka akan dimulai Januari 2021 mendatang. Namun proses belajar mengajarnya beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Selain wajib menerapkan prokes, proses pembelajaran akan diatur. Jadwal masuk sekolah akan dibuat fleksibel.

“Jadi waktunya akan dibuat fleksibel dengan mengedepankan prokes. Di mana para siswa akan dibagi perjelasnya, dengan jumlah 50 persen dari total sebelumnya,” kata Asrun kemarin.

Untuk kelasnya, nanti akan dibagi dua atau 50 persen. “Misalkan saja, dalam satu ruangan yang biasanya 32 orang kalau itu di bagi dua menjadi 16 orang. Disini tergantung sekolah pagi, apa hanya dipisah ruanganya atau waktunya yang di sesuaikan. Seperti jam sekian sampai jam sekian 1-16 orang dulu. Kemudian yang 16 sampai 32 lainya di jam berikutnya, “ucapnya.

Saat ini, kata Asrun bagaimana setiap sekolah terus memberi dorongan kepada seluruh siswa, agar terus meningkatkan semangat belajarnya, meski dalam situasi pandemi. ” Jadi para siswa harus memiliki prestasi, meski di tengah pandemi, “terangnya.

Sistem belajar tatap muka bakal dimulai pada awal tahun depan atau Januari 2021. Saat ini seluruh sekolah sementara persiapan. Bahkan untuk SMA dan SMK se Sultra sudah 100 persen persiapannya. “Saat ini kita tinggal menunggu jalan saja, sebab untuk seluruh sekolah SMA dan SMK sudah siap semua. Bahkan untuk kepengkapan protokol kesehatanya semua sudah aman, ” pungkasnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru


To Top