Metro Kendari

Pasar Wayong Diusul jadi Pasar Sehat

KENDARINEWS.COM — Pasar Wayong akan dijadikan sebagai Pilot Project pasar sehat di Kota Lulo. Kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari ini tak lain untuk menjamin kesehatan pengunjung dan pedagang. Bukan hanya itu, usulan ini dimaksudkan untuk memenuhi kriteria penilaian kota sehat tahun ini. Direktur PD Pasar Kendari, Asnar mengatakan telah menyiapkan Pasar Wayong bakal dijadikan sebagai pilot project pasar sehat di Kota Kendari mengingat lokasinya yang berada jauh dari pusat keramaian serta jumlah pedagangnya yang tidak terlampau banyak.

“Kita tata pasarnya supaya tampak bersih dan aman bagi pembeli dan pedagang yang beraktifitas di dalamnya. Saat ini, kami mulai menata lingkungan, menata pedagang, kemudian drainase, taman bunga dan menyiapakan alat pelindung diri (APD),” katanya. Disisi lain lanjut dia, penataan pasar wayong dimaksudkan untuk memenuhi kriteria penilaian kota sehat tahun ini. “Untuk penilaian pasar sehat itu memang banyak poin, dan itu banyak bertentangan dengan perilaku belanja masyarakat kita. Misalnya masyarakat kita saat memberi daging ayam itu menginginkan pemotongan langsung di pasar,” jelasnya.

“Padahal aturannya dalam pasar sehat itu tidak boleh. Pemotonga harus dilakuka diluar pasar. Nah ini yang harus kita edukasi kepada pedagang termasuk masyarakat bahwa itu melanggar syarat pasar sehat,” tambahnya. Asnar memastikan seluruh pasar di Kota Kendari bakal diusul menjadi pasar sehat. Oleh karena itu, diberharap seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait turut andil dalam mensukseskan program dimaksud.

Terpisah Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendari, drg Rahminingrum membenarkan jika tahun ini pasar masuk dalam item pada indikator penilaian kota sehat, “Pada indikator kota sehat yang sebelumnya, pasar itu hanya sebagai pelengkap bukan sebagai unsur penilaian. Tapi diverifikasi kota sehat sekrang, pasar masuk dalam tatanan pokok,” ungkapnya. Sehingga, pihaknya saat ini selain fokus dalam menyiapkan atau memperbaiki seluruh tatanan penilaian. Pihaknya juga akan segera berkordinasi dengan PD Pasar dan instansi terkait untuk penanganannya.

“Seperti kita lihat di Kota Kendari, memang kondisi pasar kita masih belum baik, memprihatinkan. Itu tentu dibutuhkan peran bersama, lintas sektor, lintas program, untuk bisa menyelesaikan permasalahan-permasalahan didalam pasar itu sendiri. Sehingga tahun ini kita bisa memertahankan predikat kota sehat,” pungkasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top