Wakatobi

Pasar Sentral II di Wakatobi Belum Dihibahkan


KENDARINEWS.COM — Proyek pembangunan Pasar Sentral II di Kecamatan Wangi-Wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi, sudah tuntas dikerjakan dan telah difungsikan. Tercatat ada sebanyak 110 kios saat ini sudah dipinjampakaikan kepada para pedagang. Sayangnya, meski sudah difungsikan, Pemerintah Pusat ternata belum menghibahkan bangunan Pasar Sentral II ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi.
Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Wakatobi, Jamaludin, menuturkan, pihaknya telah mengusulkan ke pusat sejak tahun 2019 lalu. Namun, penyerahan aset tersebut hingga saat ini tak kunjung dilakukan.

“Tahun ini sepertinya tidak akan dihibahkan lagi. Kecuali kita menunggu lagi 2021. Ini untuk Pasar Sentral II. Kalau Pasar Rakyat yang di belakang, sudah dihibahkan juga. Kalau tidak salah tahun lalu,” terangnya, Rabu (18/11). Jamaludin menyebut, saat ini pihaknya masih fokus pada pemanfaatan pasar. Kendati penyerahan kunci telah dilakukan beberapa bulan lalu, namun masih banyak pedagang yang belum membuka lapaknya. “Tap, kalau retribusi, kita belum tagih. Karena perlu sosialisasi dulu. Kita inginkan pasar ini ramai dulu baru bicarakan retribusi,” tambah Jamaludin.

Sekadar diketahui, Pasar Sentral II Mandati yang sebelumnya merupakan Pasar Sentral I Mandati merupakan salah satu sentra perkulakan yang menjadi penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) terbesar. Namun pada tahun 2018 lalu, pasar tersebut mengalami kebakaran hebat yang menghanguskan ratusan kios. Pasar ini mendapatkan anggaran renovasi dan dibangun kembali pada tahun 2019 lalu. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top