Metro Kendari

Pasar Liar Menjamur, Kasatpol PP : Kita Akan Tertibkan

KENDARINEWS.COM — Pasar liar semakin marak dijumpai di Kendari. Hampir setiap sudut kota lulo ditempati para penjajak dagangan dadakan itu. Hal inilah yang mendorong Badan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kendari bakal menggelar operasi pasar liar. Itu guna menertibkan para pedagang yang bandel. Kepala Satpol PP Kendari Samsu Alam, mengungkapkan penertiban bakal dilakukan dalam waktu dekat ini menyusul surat permohonan yang diajukan PD Pasar Kendari. “Jadi PD Pasar sudah bersurat ke kami tentang penertiban pasar liar yang semakin marak dibeberapa suduk kota Kendari,” ungkapnya.

Selain menertibkan pasar liar dibeberapa suduk kota, pihaknya juga diminta untuk menertibkan pasar liar yang ada pelataran pasar resmi kota Kendari. “Kami juga akan melakulan penataan pedagang yang berada di luar pasar, di sekitar pasar. Misalnya di Pasar Anduonohu, Pasar Wayong, Pasar Sentral Kota Kendari dan semua pasar yang memang saat ini kondisi exiting-nya itu banyak pedagang yang berjualan di luar pasar tapi masih masuk dalam kawasan paaar. Jadi kami lagi intens untuk itu,” kata Samsu Alam.

Mantan Kabag SDA Pemkot Kendari ini mengaku penertiban dilakukan secara persuasif dan bertahap untuk mencegah potensi konflik antara petugas dan pedagang. “Kita tidak represif. Tapi kita mendekati mereka (pedagang) secara personal dan ini kita sudah lakukan di Pasar Anduonohu. Kita sudah laksanakan patroli untuk menyampaikan kepada mereka untuk tidak berjualan dipelataran pasar dan bahu jalan karena membahayakan pengemudi dan berpotensi menimbulkan kemacetan,” kata Samsu Alam.

Jika tidak diindahkan dan terus membandel, kata Samsu Alam, maka pihaknya akan bertindak tegas dengan menertibkan lapak pedagang. “Sebenarnya tidak dilarang berdagang. Asalkan berdagang ditempat yang benar, seperti dalam pasar. Kalau pun toh diluar pasar itu tidak boleh menghalangi akses umum apalagi sampai membahayakan pengendara dan menciptakan kekumuhan. Itu jelas kita akan tertibkan,” tegasnya.

Terpisah, Direktur PD Pasar Kendari Asnar, berharap Satpol PP bisa bertindak tegas dengan menertibksn seluruh pasar liar yang ada di Kendari. Pasalnya, berdasarkan informasi yang dohimpun pihaknya, terdapat ratusan pasar liar yang tersebar di Kota Kendari. “Hadirnya pasar liar tersebut sangat mempengaruhi pendapatan kami. Sebab, konsumen enggan berbelanja didalam pasar dan memilih berbelanja diluar area pasar. Mudah-mudahan dalam waktu dekat Satpol PP dan instansi terkait membantu kami dalam menghidupkan pasar ini. Serta menertipkan seluruh pasar liar diluaran sana,” pungkasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top