Bau-bau

Partisipasi Warga Lampaui Target Sensus Online, Pemkot Baubau Terima Penghargaan BPS RI

KENDARINEWS.COM — Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau dalam mewujudkan suksesnya pelaksanaan sensus penduduk (SP) online membuahkan hasil. Kerja keras Pemkot Baubau mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat. Baubau mencatat capaian partisipasi masyarakat tertinggi yang melebih target dalam penyelengaraan agenda nasional tersebut. Hasil tersebut dianggap sebagai prestasi sehingga Pemkot Baubau mendapat penghargaan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia (RI).

“Pemkot Baubau telah memberikan dukungan penuh dalam pelaksanaan SP online. BPS RI memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi pada Wali Kota, AS Tamrin yang mendukung jalannya sensus penduduk online,” kata Kepala BPS Kota Baubau, Sudirman K, usai menyerahkan piagam penghargaan, kemarin. Dari total keseluruhan penduduk Kota Baubau, angka pasrtisipasi masyarakat mencapai 48 persen. Meski belum setengahnya ikut terlibat, namun capaian itu menunjukan angka cukup tinggi.

“Dibandingkan daerah lain, angka partisipasinya hanya berkisar 20-24 persen saja. Sementara Kota Baubau hampir dari setengah. Semua ini tidak lepas dari dukungan kepala daerahnya,” sambung Sudirman K. Ia menambahkan, pelaksanaan SP online untuk menjaring 52 persen masyarakat Baubau yang belum ikut sensus akan terus dilakukan. Proses akan dilakukan dengan mengunjungi langsung ke rumah-rumah warga. Pihaknya membutuhkan tambahan petugas. “Pak Wali Kota sudah menandatangani dukungan sensus penduduk offline. Makanya sementara ini kita lakukan rekrutmen tenaga lapangan sebagai petugas sensus sebanyak 125 orang,” tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Baubau, AS Tamrin berterima kasih atas apresiasi yang diberikan BPS RI. Menurutnya, prestasi yang diraih itu berkat kesadaran masyarakat Baubau akan pentingnya mengikuti SP. “Sensus penduduk ini untuk menghasilkan data statistik kependudukan yang baik. Tentunya sangat penting dalam menghasilkan suatu perencanaan yang komprehensif khususnya bagi Pemkot Baubau. Makanya saya imbau masyarakat agar memberikan dukungan informasi akurat pada petugas sensus. Kemudian kepada jajaran BPS saya menyampaikan apresiasi atas kegigihannya melaksanakan tugas meskipun dalam kondisi pandemi virus corona,” tutup wali kota dua periode itu, kemarin. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top