Politik

Partisipasi Pemilih Pilkada Muna Capai Target

KENDARINEWS.COM — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muna mencapai target partisipasi pemilih. Angka partisipasi pemilih Pilkada Muna sebesar 85,34 persen, melampaui target nasional sebesar 77,5 persen. Koordinator Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Muna Nggasri Faeda menerangkan tingkat partisipasi pemilih di Muna sebelumnya ditargetkan sebesar 85 persen.

Nggasri Faeda

Angka itu berhasil dicapai dengan banyaknya hak pilih yang tersalurkan pada saat hari pemungutan suara, 9 Desember lalu. “Kita lampaui target nasional sekaligus target kita sendiri. Meskipun data riilnya nanti setelah pleno tingkat kabupaten selesai,” jelasnya.

Ia mengatakan jumlah partisipasi pemilih itu diketahui dari jumlah pemilih yang menyalurkan hak suaranya. Angkanya mencapai 120.219 suara dari 143.128 daftar pemilih tetap (DPT) berdasarkan perhitungan yang muncul pada aplikasi sistem informasi rekapitulasi (Sirekap). “Jumlah itu cukup menunjukkan tingginya partisipasi masyarakat yang ikut memilih,” terangnya.

Angka partisipasi pemilih tersebut, menurut Nggasri, berada diurutan kelima dari tujuh daerah yang menggelar Pilkada di Sultra. Daerah yang lebih tinggi dari Muna, di antaranya Buton Utara, Konawe Utara dan Konawe Kepulauan. Tingkat Partisipasi sebanyak itu patut diapresiasi mengingat Pilkada tahun ini dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19. “Kami sampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat dan juga kepada seluruh penyelenggara. Termasuk pihak yang ikut berkontribusi dalam Pilkada,” imbuhnya. (ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top