Metro Kendari

Papalimbang di Kendari Digagas Jadi Kapal Wisata

KENDARINEWS.COM — Angkutan penyeberangan perahu atau papalimbang kini tak lagi dilirik. Para penumpang lebih memilih kendaraan bermotor (motor atau mobil) menuju kawasan Kota Lama atau sebaliknya Lapulu. Kondisi ini terjadi sejak difungsikannya Jembatan Teluk Kendari awal Desember 2020 lalu. Ketua TP PKK Kota Kendari, Hj Sri Lestari turut prihatin melihat kondisi itu. Atas dasar itu, ia bersama OPD terkait menggagas armada Papalimbang dialihfungsikan menjadi perahu wisata di sekitar Jembatan Teluk Kendari. Rencana ini telah dikoordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kendari.

“Kami berharap, adanya jembatan ini tidak akan mengurangi rejeki bapak dan ibu. Malah bisa menambah penghasilan keluarga, salah satunya dengan mengecat perahunya dan dipercantik dengan memberikan aksen gambar motif tenun khas Kendari yang bernama Pinetobo,” kata Hj Sri Lestari saat menyerahkan langsung bantuan Cat Kayu kepada pemilik Papalimbang di Kelurahan Talia Kecamatan Abeli.

Cat perahu sambungnya, disarankan menggunakan motif Pinetobo. Dengan begitu, perahu warga memiliki ciri khas sebagai Kapal Wisata Kota Kendari. Karena kapal yang telah dihiasi dan di gambar dengan (Pinetobo) motif tenun khas Kendari dapat membantu memperindah Kota Kendari. “Jika semuanya indah dan cantik, maka minat orang untuk berwisata semakin tinggi,” ujarnya.

Perahu Wisata tersebut, lanjut dia, dapat dimanfaatkan sebagai wisata laut bagi masyarakat yang berkunjung di sekitaran Jembatan Teluk Kendari. Menjadi sarana transportasi bagi pengunjung yang ingin berkeliling – keliling menikmati suasana Laut di Jembatan Teluk Kendari.”Mudah – mudahan usaha bapak ibu ini lancar dan TP PKK Kota Kendari bersama Pemerintah melalui Dinas pariwisata, berupaya mendukung peningkatan ekonomi masyarakat. Nanti kita upayakan ada pelampung dan kami akan buatkan link jalur wisatanya,” ungkapnya. (b/ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top