Politik

PAN Gabung Koalisi Pemerintah, PKS Tetap Oposisi


KENDARIPOS.CO.ID — Partai Amanat Nasional (PAN) resmi bergabung dengan koalisi partai pendukung Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin. Dengan masuknya PAN menambah deretan partai-partai politik yang menjadi bagian dari pemerintah.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera menegaskan adalah hak dari PAN bergabung ke pemerintahan. Sehingga tidak mempermasalahkan hal tersebut. “Perkara PAN gabung koalisi itu hak setiap partai politik. Tentu masing-masing punya strategi,” ujar Mardani saat dikonfirmasi, Kamis (26/8) kemarin.

Namun demikian, Mardani mengeluhkan karena saat ini makin sedikit partai politik yang menjadi oposisi. Hanya tinggal PKS dan Partai Demokrat. Kata dia, makin besar kekuasaan maka cenderung akan menyimpang.

“Jadi PKS merasa power tends to corrupt, yakni kekuasaan itu cenderung menyimpang. Absolute power corrupts absolutely yakni makin besar kekuasaan makin besar peluang penyimpangannya,” tegasnya.

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera

Oleh sebab itu, Mardani menegaskan partai berlogo bulan sabit kembar ini tetap konsisten menjadi oposisi. Karena PKS ingin menjadi kontrol dari pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. “Karena itu oposisi adalah pilihan yang rasional, etis dan logis. PKS Insya Allah ingin bersama rakyat, melayani rakyat dengan mengontrol kebijakan pemerintah secara kritis dan konstruktif,” ungkapnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate menyebut PAN telah resmi bergabung dengan koalisi pemerintahan. Hadirnya PAN akan menambah gagasan dan ide bagi pemerintah.

“Sahabat baru kami dalam koalisi (PAN-Red) maka semakin memperkuat dan memperkaya gagasan dan pandangan serta ide-ide baru dalam rangka melanjutkan pemerintahan dan mengisi demokrasi Indonesia,” ujar Johnny.

Johnny menuturkan semua ketua umum partai politik pendukung pemerintah menyambut baik bergabungnya PAN ke dalam pemerintahan Jokowi dan Ma’ruf Amin. “Kita berharap setelah PAN bergabung (ke koalisi pemerintah-Red) semakin banyak gagasan yang beragam bagi jalannya pemerintahan,” katanya. Johnny menuturkan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan siap memberikan masukan-masukan yang diperlukan bagi pemerintah. (jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top