Konawe

Operasional Terminal Rahabangga Dialihkan ke Wawotobi


KENDARINEWS.COM — Kendaraan umum lintas provinsi yang melalui Kabupaten Konawe, tak dibolehkan menaikturunkan penumpang pada areal Terminal Rahabangga. Selain kurang terawat, terminal tipe B yang berlokasi di Kecamatan Unaaha tersebut, bukan berada di atas lahan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab), melainkan aset Balai Wilayah Sungai (BWS) IV Kendari. Untuk sementara waktu, pengoperasian terminal tipe B Rahabangga dialihkan ke Wawotobi.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Konawe, Nuriadin

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Konawe, Nuriadin, mengatakan, Terminal Rahabangga dikelola Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra). Sementara, Terminal Wawotobi masih dikelola Pemkab Konawe sebab statusnya masih tipe C. Ia mengaku telah berkoordinasi dengan Kepala Dishub Sultra, Hado Hasina, terkait rencana pemindahan aktivitas kendaraan dari Terminal Rahabangga ke Terminal Wawotobi. Namun sebelum itu, Nuriadin menyebut, dirinya terlebih dahulu meminta izin kepada pemangku kebijakan di Pemkab Konawe.

“Jadi sudah ada kesepakatan dengan pihak provinsi. Terminal Wawotobi akan dimanfaatkan pula sebagai terminal tipe B. Kita akan launching pengoperasiannya tersebut dalam waktu dekat,” ujar Nariadin, kemarin. Ia menyebut, tanah yang dijadikan Terminal Rahabangga merupakan aset milik BWS Sulawesi IV Kendari. Pemprov pun, sambung Nuriadin, tak bisa memaksakan kehendak sebab aset tersebut bukanlah milik mereka. Nuriadin menyebut, dengan adanya pengalihan sementara pengoperasian Terminal Rahabangga ke Wawotobi, Pemkab dan Pemprov telah menandatangani MoU terkait pengelolaan sekaligus bagi hasil.

“Khusus pemanfaatan terminal tipe B di Wawotobi, Pemprov dapat 30 persen, kita 70 persen. 70 persen itu akan menjadi tambahan pendapatan asli daerah (PAD) yang kami hasilkan di Dishub Konawe,” tandasnya. (c/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top