Metro Kendari

Operasi Yustisi, Satgas Covid-19 Kendari Libatkan PM dan Brimob

KENDARINEWS.COM — Tim Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penananganan Wabah Covid-19 Kota Kendari terus menggelar operasi yusitisi pengakan protokol kesehatan (prokes). Bahkan dalam pelaksanaannya, Satgas melibatkan sejumlah personil dari Detasemen Polisi Militer (Denpom) XVI/3 Kendari dan Satuan Brigade Mobil (Brimob) Sultra. Partisipasi dua satuan beda institusi itu diharapkan bisa memback up satgas dalam menegakkan Peraturan Wali Kota (Perwali) Kendari nomor 47 tahun 2020 tentang penegakan disiplin prokes.

Ketua Tim Operasi Yustisi Prokes Covid-19 Kota Kendari, AKP Yusuf Muluk Tawang, mengaku pelibatan Satuan Denpom dan Brimobda Sultra dalam rangkan menjamin kelancaran pelaksaan operasi prokes 3M (Memakai masker, mencuci tangan menjaga jarak), “Dalam pelaksaannya terkadang kami sulit menghalau masyarakat di New Normal ini. Tentu hadirnya mereka bisa menambah jangkauan kami,” ungkapnya, kemarin.

Yusuf tak menyebut jumlah tambahan personil dari dimaksud. Yang jelasnya, kata dia, tambahan kekuatan kali ini akan memback up sekira 200 personil yang telah ada sebelumnya. “Sebelumnya kami sudah terbentuk dari tujuh instansi mulai dari Satpol PP, BPBD, Dinkes, Dishub Diskominfo, Polres Kendari dan Kodim 1417 Kendari. Adanya tambahan ini membantu kami dalam melaksanakan operasi,” kata Yusuf.

Tambahan personil sambungnya AKP Yusuf, bukan menjadi jaminan kesuksesan penanganan wabah yang menyerang sistem pernapasan ini. Melainkan kesadaran dari warga dalam menerapkan prokeslah yang menjadi kunci utama agar terbebas dari pandemi covid-19. “Kesadaran masyarakat sangat dibutuhkan saat ini. Kami tak hentinya mengimbau mereka agar tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan jaga jarak. Karena hanya cara itulah yang bisa membebaskan kita dari potensi tertular virus corona,” kata Yusuf. Sekedar informasi, hasil operasi yustisi gabungan Denpom dan Brimoda Sultra kemarin berhasil menjaring sekira 87 pelanggar prokes di Jalan Abdul Rauf Tarimana, Taman Kali Kadia, dan Pelataran Tugu Religi. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top