Metro Kendari

Operasi Lilin 2020, Polda Siagakan 940 Personel

KENDARINEWS.COM — Pengamanan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021 mulai dimatangkan Polda Sultra. Sebagai bentuk kesiapan, Polda Sultra akan menggelar rapat koordinasi bersama seluruh instansi terkait lainnya. Rencananya, Operasi Lilin 2020 akan dimulai tanggal 21 Desember 2020 hingga 04 Januari 2021. Kasubbid Penmas Bidang Humas Polda Sultra, Kompol Dolfi Kumaseh mengatakan pelaksanaan Operasi Lilin 2020 akan berlangsung selama 15 hari. Untuk memastikan perayaan Nataru ini berlangsung aman dan kondusif, Polda Sultra akan menurunkan 940 personil.

“940 personel ini berasal dari Polda Sultra maupun Polres. Namun jumlah ini bisa saja bertambah melihat kondisi di lapangan. Sasarannya nanti adalah tempat-tempat ibadah yang digunakan untuk perayaan Natal. Selain itu, juga tempat-tempat wisata/tempat hiburan, tempat perbelanjaan dan daerah rawan lainnya yang saat ini masih dipetakan,” jelasnya kemarin.

Dalam pengaman, Polda Sultra tidak sendirian. Polisi akan mendapatkan tambahan personel dari instansi terkait lainnya. Adapun instansi yang dilibatkan dalam Operasi Lilin 2020 diantaranya jajaran TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kesehatan (Dinkes), Pramuka, Pemadam Kebakaran (Damkar), Linmas, sentra komunikasi (Senkom) dan pihak terkait lainnya.

“Jumlahnya belum bisa dipastikan karena menunggu hasil rapat koordinasi terlebih dahulu, rencananya dalam minggu ini dilakukan rakor bersama instansi terkait. Tujuannya untuk memastikan terciptanya keamanan dan kenyaman Natal dan Tahun Baru,” kata pria yang akrab dengan awak media ini.

Tidak pengamanan, operasi ini turut menyosialisasi penerapan protokol kesehatan (Prokes). Sesuai pesan Kapolda, masyarakat dimbau selalu mematuhi protap covid-19. Sebab ini merupakan langkah efektif meminimalisir terjadinya penuluran virus yang menyerang sistem pernapasan ini. “Selain itu, Kapolda meminta warga bersama sama menjaga kedamaian di Sultra. Jangan mudah terprovokasi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Kita ciptakan kamtibmas yang kondusif,” ajaknya. (b/ndi)

Operasi Lilin 2020

  • 21 Desember 2020 hingga 04 Januari 2021
  • Polda Kerahkan 940 Personil
  • Turut Libatkan TNI, Satpol PP, Dishub, Dinkes, Damkar dan Instansi Lainnya

Sasaran Pengamanan

  • Rumah atau Tempat Ibadah
  • Objek Wisata
  • Tempat Hiburan
  • Pusat Perbelanjaan
  • Daerah yang Dianggap Rawan
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top