Buton Tengah

Operasi Ketupat di Buteng 12 Hari, Bupati Pimpin Apel Pasukan Gabungan

KENDARINEWS.COM — Bupati Buton Tengah (Buteng) Buteng, H Samahuddin mendapat kehormatan menjadi Inspektur Upacara (Irup) apel pasukan Operasi Ketupat Anoa 2021 di Mapolres Baubau, Rabu (5/5). Tidak hanya Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Candra Tangkari dan jajarannya, apel gabungan ini turut dihadiri jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buteng.

Dalam sambutannya, Samahuddin mengatakan Operasi Ketupat Anoa 2021 melibatkan ratusan personil gabungan. Selama 12 hari atau mulai 6 s.d 17 Mei mendatang, pasukan gabungan akan melakukan pengamanan mudik dan lebaran. “Alhamdulillah, personil telah siap diterjunkan di lapangan. Semoga semuanya berjalan dengan lancar dan sukses,” ujar Samahuddin. Mengingat lebaran tinggal beberapa hari, pengamanan akan diperketat. Langkah ini untuk mengantisipasi arus mudik. Sesuai dengan instruksi pusat, mudik lebaran tahun ini ditiadakan. Upaya ini tak lain untuk mencegah penyebaran virus corona dan timbulnya klaster baru.

“Mudik tahun ini kembali dilarang. Sebab wabah covid-19 belum berakhir. Untuk itulah, kita harus tetap wasapada. Saya berharap personil gabungan Operasi Ketupat 2021 bisa menegakan aturan. Dengan begitu, mata rantai penyebaran covid-19 bisa dicegah,” jelasnya. Ketua DPC PDI-Perjuangan Buteng ini mengajak semua stakeholer mendukung kebijakan pelarangan mudik. Sebab pandemi tak akan berakhir tanpa dukungan semua pihak. “Di tengah situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, kita perlu memberikan pemahaman kepada masyarakat lainnya untuk tidak mudik,” ujar Samahuddin.

Operasi ini kata dia, diharapkan bisa memberikan pengamanan serta kenyamanan masyarakat. Di sisi lain, memberikan edukasi tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan (Prokes). “Saya kira, ini operasi kemanusiaan. Dari itu bertindaklah secara persuasif dan humanis. Imbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Perketat pengawasan di titik-titik keramaian,” tutupnya. (c/rud)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top