Hukum & Kriminal

Nekat Curi Alsintan di Konawe, Enam Tersangka Terancam 7 Tahun Penjara

Keterangan gambar: POLRES KONAWE FOR KENDARI POS/Satreskrim Polres Konawe saat mengamankan enam tersangka pencurian Alsintan di Konawe lengkap dengan barang buktinya.

KENDARINEWS.COM– Masyarakat petani harus lebih waspada menyimpan alsintan (alat dan mesin pertanian). Terbaru Satreskrim Kepolisian resort (Polres) Konawe mengamankan enam orang tersangka kasus pencurian alsintan. Tertangkap di Desa Kasumewuho, Kecamatan Wawotobi, Kabupaten Konawe, Selasa (14 /8) 

Para tersangka masing-masing berinisial TA (47), MI (37), SU(50), HP (45), SD (50), SM (45). Sedangkan satu pelaku masih buron inisial SL. Kapolres Konawe, AKBP Wasis Santoso menuturkan, pengungkapan bermula atas laporan masyarakat tentang dugaan kasus tindak pidana pencurian di Kabupaten Konawe, Selasa (7/9).

“Berangkat dari laporan tersebut, tim khusus yang dipimpin Kasat Reskrim Polres Konawe melakukan penyelidikan. Dari hasil lidik di lapangan akhirnya tim berhasil mengungkap para tersangka serta barang buktinya,” kata ia.

Adapun barang bukti yang diamankan, lanjutnya, yakni dua traktor, tujuh mesin traktor, satu selang alkon dan tiga unit mobil. Dalam menjalankan aksinya, masing masing tersangka membagi peran. Ada yang berperan mengamati situasi lapangan. Ada sebagai sopir dan ada eksekutor atau pengambil barang. Wasis juga menjelaskan, mereka sudah beraksi di sejumlah TKP berbeda. Perkiraan ada 10 sampai 15 TKP. 

“Saat satu orang melihat ada alat pertanian untuk dicuri. Kemudian mengumpulkan teman-temannya disuatu rumah salah satu tersangka inisial TA kemudian dari situ mereka bergerak mengambil barang incaran tersebut,” ungkapnya.
Ia mengatakan, kasus masih dalam pengembangan. AKBP Wasis Santoso menekankan, kepada tersangka DPO segera menyerahkan diri. Sementara para tersangka mengaku, nekat mencuri karena faktor ekonomi. Hasil pencurian yang merugikan korbannya kurang lebih Rp 15 juta, mereka bagi

“Masih kita kembangkan, saya juga sudah perintahkan Kasatrekskrim dan tim khusus untuk segera melakukan penangkapan terhadap satu DPO ini,” tekannya.  Kini, kata dia, para tersangka telah diamankan di Polres Konawe untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.Pasal yang di sangkakan pasal 362 KUHP subsider pasal 363 KUHP ayat 1. “Ancaman hukumannya 7 tahun penjara,” pungkasnya. (ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top