HEADLINE NEWS

MUFFEST 2021 di Yogyakarta, BLK Kendari Tampilkan Busana Tenunan Khas Sultra

KENDARINEWS.COM — Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari tampilkan busana tenunan khas Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam Kegiatan Tahunan Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2021.Kegiatan ini diselenggarakan di Grand Atrium Hartono Mall Yogyakarta.

Kepala BLK Kendari Dr. La Ode Haji Polondu, S.Pd., M.Pd. dalam pembukaan kegiatan tersebut, Rabu (31/3/2021) mengatakan, produk yang ditampilkan pihaknya merupakan kain tenunan khas Sultra yang telah disulap para siswa kejuruan Garmen Apparel BLK Kendari menjadi busana-busana muslim yang indah, berkualitas baik bahkan bernilai jual tinggi karena diolah dan didesain dengan mengikuti trend fashion muslim.

“Keikutsertaan kami pada kegiatan ini menjadi sebuah kebanggaan dan bentuk apresiasi kami terhadap hasil karya siswa BLK Kendari, sekaligus memberi nilai tambah terhadap kain tenunan khas masyarakat Sultra,” terangnya.

MUFFEST 2021 substansinya merupakan kegiatan untuk menguatkan ekonomi Indonesia melalui industri fashion muslim lokal, dimana agenda tersebut telah menjadi rutinitas tahunan yang diikuti para desainer-desainer ternama tanah air yang tergabung dalam Indonesian Fashion Chamber (IFC) bersama Dyandra Promosindo selaku penyelenggara kegiatan.

“Alhamdulillah, berkat silaturahmi yang baik, kami diundang sebagai Peserta dan berhasil mengambil bagian dalam kegiatan luar biasa ini.Kami tidak hanya menampilkan karya siswa kami Kejuruan Garmen Apparel BLK Kendari tetapi mengangkat dan memperkenalkan tenunan khas masyarakat Sultra. Yaitu Kain Tenunan Tolaki, Kain Tenunan Muna dan Kain Tenunan Buton yang menjadi karya seni masyarakat,” paparnya. yang bernilai tinggi dan sangat membanggakan.

Dari kegiatan ini hanya ada 2 Balai Latihan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan RI yang mengikuti Ajang MUFFEST 2021 di Yogyakarta ini, yaitu BBPLK Semarang Provinsi Jawa Tengah dan BLK Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. Hal ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri karena satu-satunya Peserta MUFFEST 2021 dari Kawasan Timur Indonesia hanya BLK Kendari.

Di 2020 lalu, lanjut mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga) Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia ini, pihaknya juga menjadi salah satu bagian dari kegiatan yang sama ketika diselenggarakan di Jakarta Convention Center Senayan Jakarta. Saat itu, hasil karya siswa yang ditampilkan sangat disukai dan habis terjual.

“Pada kegiatan kali ini, kami pun berharap bisa seperti tahun sebelumnya dan bahkan bisa lebih baik lagi, meski kompetitor kami para desainer nasional ternama di Indonesia,” bebernya.

Orang nomor satu di BLK Kendari ini menambahkan, pihaknya sangat percaya dengan hasil karya siswa-siswa pelatihan Garmen Apparel BLK Kendari, karena para siswa tersebut dibimbing dan dilatih oleh instruktur-instruktur hebat BLK Kendari.

“Ada satu ungkapan yang cocok bagi siswa dan instruktur kami di BLK Kendari, yaitu karya indah paten diciptakan oleh insan yang kompeten. Ungkapan ini merupakan hasil dari kerja keras mereka yang mampu menciptakan hasil karya luar biasa dan itu kami tampilkan pada kegiatan ini,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan MUFFEST 2021 di Grand Atrium Hartono Mall Yogyakarta terselenggara sejak 31 Maret hingga 11 April 2021. Acara Pembukaan MUFFEST 2021 di Yogyakarta, selain dihadiri tokoh-tokoh penting dan desainer ternama tanah air, juga dilakukan Press Conference MUFFEST YOGYAKARTA 2021 dengan Narasumber; Phillip Iswardono (Local Chairman IFC Yogyakarta Chapter),
Lia Mustafa (National General Secretary Indonesia Fashion Chamber),
Tofani Lazuardi (General Manager Dyandra Promosindo).

Lalu, Dian Widiyanti (General Manager Hartono Mall Yogyakarta), Nurul Fajriyati (Demand Creation Officer WARDAH), Andi Adityaning Palupi (Asisten Direktur Bank Indonesia Yogyakarta), Dr. La Ode Haji Polondu, S.Pd.,M.Pd. (Kepala BLK Kendari Kemnaker RI),
Dodi Suhardiyono, S.Pd.,M.Si. (Kordinator Bidang Penyelenggaraan Pelatihan BBPLK Semarang Kemnaker RI), Gusti Kanjeng Bendoro Raden Ayu Adipati Paku Alam (Ibu Wakil Gubernur DIY), dan Hj. Kustini Sri Purnomo (Bupati Sleman DIY). (lis)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top