Metro Kendari

Mudahkan Pelanggan, PDAM Tirta Anoa Kendari Buka Pembayaran Online

KENDARINEWS.COM — Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Anoa Kendari terus meningkatkan kualitas pelayanannya. Selain berupaya menghadirkan kebutuhan air bersih, PDAM juga berupaya memudahkan masyarakat dari sisi pembayaran iurannya. Dengan bermitra dengan BNI, pembanyaran iuran air bersih bisa dilakukan secara online.

Direktur PDAM Tirta Anoa Kendari, Damin mengatakan pembayaran iuran air bersih secara online tak lain untuk memudahkan masyarakat dalam menunaikan kewajibannya. Di sisi lain, ia juga bagian dari upaya mendukung elektronifikasi sistem pembayaran yang digalakkan Pemkot Kendari.

“Kini masyarakat tidak perlu repot-repot lagi datang ke kantor pelayanan kami untuk bayar iuaran air bersihnya. Masyarakat bisa bayar melalui mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) atau secara online seperti Internet Banking atau SMS Banking BNI,” kata Damin kemarin.

Damin yakin, program eletronifikasi seluruh sistem pembayaran sangat efektif dalam mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PAD) serta mampu mencegah potensi kebocoran anggaran yang berpotensi terjadi karena transaksi secara langsung. Disamping itu, pihaknya juga secara tidak langsung bisa memudahkan seluruh pelanggan yang kini jumlahnya mencapai sekira 18 ribu pelanggan.

Direktur PDAM Tirta Anoa Kendari, Damin (kiri) bersama Pemimpin BNI Kantor Cabang Kendari Andi Muhammad Yusuf (kanan) memperlihatkan nota kesepahaman kerjasama pembayaran iuran air bersih yang sudah ditanda tangani. Pembayaran secara online dihatapkan bisa semakin memudahkan masyarakat dalam meyelesaikan kewajibannya.

“Sesuai arahan Bapak Wali Kota, sebisa mungkin pembayaran tidak dilakukan secara langsung melainkan bisa memanfaatkan sistem pembayaran secara online. Ini juga merupaka wujud untuk mensukseskan visi beliau yakni ingin menjadikan Kendari sebagai kota layak huni berbasi ekologi (lingkungan), teknologi, dab informasi,” kata Damin.

Pada kesempatan yang sama, Pemimpin BNI Kantor Cabang Kendari, Andi Muhammad Yusuf mengatakan kerjasama yang terjalin dengan PDAM merupakan bentuk dukungan dalam meningkatkan kualitas dan kinerja pelayanan publik. “Kami siap membantu kelancaran penerimaan pembayaran tagihan rekening air minum oleh masyarakat secara online menggunakan beberapa fasilitas E-Channel BNI seperti, BNI Internet Banking, BNI SMS banking, BNI Mobile Banking, ataupun melalui Agen46, dan khususnya bagi PDAM Kota Kendari,” kata Yusuf.

Dengan bertransaksi secara online kata dia, dapat meningkatkan pendapatan perusahaan daerah juga memberikan kemudahan dan transparansi terkait laporan keuangan perusahaan. Selain itu, membangun citra positif dan moderen terutama di Era Digitalisasi saat ini. “Sedangkan bagi masyarakat bisa memberikan layanan kemudahan pembayaran tagihan air bersih sehingga dapat melakukan pembayaran tagihan secara cepat, mudah dan aman,” pungkasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top