Bau-bau

Minim Pesaing, Peluang Lulus jadi ASN Terbuka Lebar

KENDARINEWS.COM– Masa pendaftaran dan penyetoran berkas calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021, telah selesai. Di Kota Baubau, jumlah pelamar PPPK mencapai 254 orang dengan kuota 217, khusus tenaga guru. Sementara untuk pelamar CPNS sebanyak lima orang dengan jumlah kuota yang akan diterima, satu tenaga dokter. Kondisi itu menujukan peluang besar bagi para peserta untuk lulus menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Peluang bagi pelamar PPPK untuk lulus bahkan terbuka lebar. Pasalnya, jumlah pendaftar untuk formasi tersebut cukup sedikit. Dari 217 kuota yang disiapkan pemerintah, peserta yang mendaftar hanya 254 orang. Artinya hanya ada 37 orang yang menjadi pesaing dan akan gugur. Sementara untuk CPNS sebanyak lima orang akan bersaing memperebutkan satu formasi.

“Silahkan memersiapkan diri dan berjuang. Semua peserta punya peluang sama,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Baubau, Abdul Rahman, Kamis (29/7). Mantan Sekretaris BKPSDM Kota Baubau itu mengungkapkan, saat ini seluruh berkas lamaran PPPK maupun CPNS telah diterima. Tahap verifikasi untuk mencocokan seluruh berkas yang diupload dan yang disetor (berkas kopian) oleh masing-masing pelamar di BKPSDM sementara dilakukan.

“Semua berkas yang telah disyaratkan sesuai formasi yang dilamar akan kita periksa kelengkapannya. Berkas yang diunggah dan disetor akan kita cocokkan. Kalau ada yang tak sesuai, maka secara otomatis tidak lulus berkas,” terang Abdul Rahman. Setelah tahap seleksi berkas dilakukan, maka akan dibuka masa sanggah. Masyarakat yang keberatan pada tahapan seleksi berkas diberi peluang untuk mengajukan sanggahan. “Sesuai jadwal masa sanggah mulai 30 Juli hingga 1 Agustus. Kemudian hak untuk menjawab sanggahan mulai 30 Juli sampai 8 Agustus,” tandas Abdul Rahman. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top