Knowledge

Metode Diet Berdasarkan Golongan Darah

KENDARINEWS.COM — Diet berdasarkan golongan darah pertama kali diperkenalkan oleh Dr Peter J D’ Adamo dalam bukunya ” Eat RIgh FOr Your Type”. Menurutnya, setiap orang memiliki respon berbeda terhadap makanan yang dikonsumsi. Itulah sebabnya mengapa jenis diet tertentu tidak bisa diterapkan pada setiap orang.

Ada banyak keuntungan yang didapatkan jika menerapkan diet berdasarkan golongan darah. di antaranya adalah kondisi emosi yang lebih stabil , mudah mengatasi stres, daya tahan tubuh meningkat sehingga tidak mudah sakit.

Pieter J D Adamo melakukan penelitian selama bertahun tahun pada setiap tipe darah dan hasilnya menunjukkan bahwa ada efek fisiologis akan muncul terhadap lektin yang masuk dalam tubuh.

Lektin adalah protein yang terdapat pada makanan, khususnya biji-bijian atau polong-polongan . Setiap protein makanan yang diserap tubuh , menurutnya, hanya cocok dengan tipe darah tertentu. Kalau makanan lektinnya tidak cocok dengan tipe darah, akan memicu bahaya antara lain penggumpalan sel darah merah yang mengakibatkan berbagai keluhan kesehatan.

Ilustrasi

Diet untuk Golongan darah O

Orang yang memiliki golongan darah O memiliki sistem kekebalan tubuh yang tinggi dibandingkan tipe darah lainnya. Mudah beradaptasi dengan berbagai makanan pada lingkungan yang ditempati . Untuk mengatasi stres disarankan melakukan erobik.

Dianjurkan menkonsumsi makanan tinggi protein dan rendah karbohidrat, seperti daging, buah, ikan, sayuran. Bila makanan yng dikonsumsi tidak sesuai, maka beresiko terkena penyakit yang disebabkan oleh radang dan kerusakan organ seperti arthritis.

Makanan yang dihindari jeni gandum, jagung, kacang-kacagan, kubis, kol, kecambah, mustard, sayuran hijau, kembang kol, kacang merah.

Makanan yang membantu berupa tumbuhan laut yang besar dan kuat, makanan laut, garam, daging merah, brokoli, bayam, kangkung, hati. Jangan lupa untuk suplemen vitamin B, vitamin K, kalsium, iodium, kayu manis. Latihan fisik yang menunjang seperti aerobik, beladiri, joging atauolehraga keras seprti tinju.

Diet untuk Golongan Darah A.

Orang yang memiliki golongan darah A memiliki pencernaan yang relatif sensitif. Harus menghindari makanan dari produk susu dan daging. Dianjurkan menjadi vegetarian atau menkonsumsi makanan berkadar kerbohidrat tinggi, namun rendah lemak.

Meminimaklisasi stress dengan meditasi , atau olahraga non komptitif. Cukup banyak istrahat.

Profile diet: vegetarian dengan makanan sebagi berikut: sayuran, tahu, makanan laut, kacang-kacangan, buah, biji-bijian, dan padi-padian

Makanan yang membantu: minyak sayuran jenis kedelai, sayur-sayuran, nenas. Untuk suplemen vitamin B12, asam folat, vitamin C, Vitamin E, Echinacea, tumbuhan berduri, hawtorn, milk thistle, quercetin.

Diet untuk Golongan Darah B

Pemilik golongan darah B, disarankan menghindari makanan beku atau makanan kaleng. Sedangkan makanan berbahan dasar susu yang memiliki kandungn karbohidrat tinggi sangat dianjurkan.

Dianjurkan juga melakukan diet dengan berbagai variasi makanan golongan darah, namun membatasi asupan daging. Mengkonsumsi makanan dan minuman berbahan dasar susu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Olahraga yang cocok dilakukan adalah renang, tenes, jalan kaki, dan meditasi.

Untuk mengatasi stres, sebaiknya mencari kegiatan rutin berupa hobi dan kretifitas.

Diet untuk Golongan darah AB

Jenis makanan orang bergolongan darah A dan golongan darah B sangatlah bertolak belakang. Orang bergolongan darah B disarankan mengkonsumsi berbagai jenis makanan, sedang darah A disarankan hanya mengkonsumsi tumbuh-tumbuhan, alias vegetarian.

Untuk itu Dr. Peter J D Adamo menganjurkan agar pemilik golongan darah AB lebih banyak melakukan diet vegetarian, tapi tetap mengkonsumsi produk susu saat tertentu. Terutama saat berolahraga.

Pemilik golongan darah AB memiliki jalur pencernaan yang sensitif. Untuk itu disarankan mengkonsumsi dalam jumlah sedikit, namun disarankan sering makan dengan porsi yang sedikit. (KN/sumber buku “tip diet sehat karya Nita Angreani)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top