Nasional

Merangkai Konektivitas Wilayah

Ali Mazi : Tahun Depan, Pembangunan Jembatan Tona Dimulai

KENDARI, KENDARINEWS.COM–Gubernur Sultra Ali Mazi konsisten merealisasikan ide cemerlang menghubungkan Pulau Muna dan Pulau Buton dengan membangun Jembatan Pulau Buton-Muna (Jembatan Tona). Ide cerdas merangkai konektivitas wilayah itu sudah tercetus sejak periode pertama menjabat gubernur.

Rencananya mulai dibangun tahun depan. Seluruh dokumen pendukungnya dinyatakan telah siap. “Kita sedang mengupayakan pembangunan berbagai infrastruktur yang dapat menyatukan seluruh wilayah Provinsi Sultra. Insya Allah tahun depan, pembangunan Jembatan Tona sudah akan dimulai karena seluruh dokumen pendukungnya sudah siap,” kata Gubernur Ali Mazi saat membuka acara pekan olahraga dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-57 Provinsi Sultra di Kantor Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Senin (05/04/2021).

Usai membuka pekan olahraga antar OPD, Gubernur Sultra Ali Mazi (tengah) didampingi Sekda Provinsi Sultra, Nur Endang Abbas (kiri) dan Kepala Dinas Dikbud Sultra Asrun Lio (kanan) melihat galeri foto pembangunan infrastruktur di Kantor Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Senin (05/04/2021). LA ODE KAHARMIN DINAS KOMINFO FOR KENDARINEWS.COM

Selain Jembatan Tona, perencanaan jembatan sedang digarap. Tahun ini, penyusunan dokumen studi kelayakan pembangunan jembatan itu sudah dimulai. Dengan terbangunnya jembatan Tona, maka seluruh wilayah Sultra dapat terhubung. Hal ini diharapkan berimplikasi pada peningkatan ekonomi wilayah sehingga Sultra akan lebih maju dan masyarakat menjadi lebih sejahtera.

Pembangunan jembatan yang akan menautkan wilayah Sultra merupakan implementasi dari strategi pembangunan yang diusung duet Aman (Ali Mazi-Lukman Abunawas), yakni Gerakan Akselerasi Pembangunan Daratan dan Lautan/Kepulauan (Garbarata).

“Wilayah Provinsi Sultra ini sangat luas dan terdiri dari banyak pulau. Oleh karena itu, di era kepemimpinan saya selaku Gubernur Sultra bersama Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas, mengusung konsep Strategi Garbarata,” jelas Gubernur Ali Mazi.

Dengan strategi ini, tambah Gubernur, pembangunan di Sultra dapat menjangkau seluruh wilayah di provinsi ini, dan hasil-hasil pembangunan dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

To Top