Nasional

Menko Airlangga Minta Pengembangan Vaksin Melibatkan Banyak Pihak


KENDARINEWS.COM — Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), Airlangga Hartarto mengatakan pengembangan vaksin Merah Putih menunjukkan sinyal positif. Perkembangan luar biasa vaksin Merah Putih menunjukkan tanda siap diedarkan pada 2022. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI itu menambahkan, pengembangan vaksin dalam negeri sangat penting bagi Indonesia. Hal ini untuk mengikis ketergantungan vaksin Covid-19 dari impor negara lain.

Airlangga menegaskan, pemerintah berkomitmen untuk menyediakan vaksin dalam negeri untuk menangani pandemi Covid-19. Selain untuk kemandirian vaksin dalam negeri, komitmen ini sebagai upaya menghemat devisa negara. “Upaya ini (vaksin dalam negeri) sebagai semangat menghemat devisa negara,” tegas Airlangga, kemarin.

Ketua Umum DPP Partai Golkar itu berharap pengembangan vaksin nasional bisa segera dirampungkan. Airlangga optimistis salah satu vaksin produk nasional Merah Putih bisa diedarkan pada 2022 mendatang. “Diharapkan tahun 2022 vaksin ini siap edar dan diberikan kepada masyarakat,” tutur Airlangga yang disanter disebut-sebut sebagai bakal calon Presiden 2024 itu.

Menko Airlangga

Sebelumnya, Airlangga dalam acara HUT Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) meminta pengembangan vaksin nasional bisa melibatkan banyak pihak. “Termasuk BPPT dalam pengembangan vaksin Merah Putih. Hal ini untuk mengejar target Indonesia memiliki vaksin produksi dalam negeri pada 2022,” ujar Airlangga. (dep1/rep/fsr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top