Metro Kendari

Mengasah Skill Wartawan

PWI-BLK Kendari Kompak Gelar Pelatihan Desain Grafis

KENDARI, KENDARINEWS.COM–Kompetensi wartawan tak melulu soal kompetensi jurnalistik. Mantan Ketua Dewan Pers, Prof.Bagir Manan menyebut, kompetensi yang mesti dimiliki wartawan salah satunya adalah kompetensi ilmu dan teknologi. Seturut dengan itu, jurnalis dituntut meningkatkan kapasitas dan keterampilan penguasaan teknologi informasi.

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Tengggara dalam komando duet Sarjono-Mahdar Tayyong berkomitmen meningkatkan skill jurnalis pada bidang teknologi, salah satunya melalui pelatihan desain grafis. PWI Sultra meretas jalan ke arah dengan menggandeng Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari.

Ketua PWI Sultra, Sarjono mengatakan tantangan wartawan di era disrupsi saat ini membutuhkan inovasi untuk menjawab kebutuhan informasi publik. “PWI menyadari pentingnya peningkatan sumber daya wartawan untuk merespons kebutuhan informasi publik. Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari adalah institusi/lembaga yang mumpuni menciptakan sumber daya manusia andal, sehingga PWI membangun sinergisitas,” kata Sarjono, Selasa (16/03/2021).

Kepala BLK Kendari, Dr.La Ode Haji Polondu (tengah), Ketua PWI Sultra Sarjono (dua kanan), Ketua Bidang Pendidikan PWI Sultra, Samsu (kanan), pengurus PWI Sultra Umar Marhum (dua kiri) dan Suparman (kiri) usai diskusi di kantor BLK Kendari.
ALI AKBAR / KENDARINEWS.COM

Ketua PWI Sultra, Sarjono mengapresiasi dukungan Kepala BLK Kendari Dr La Ode Haji Polondu terhadap niatan PWI Sultra untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas wartawan, khususnya yang bernaung dalam PWI. Sebab, pelatihan yang akan diberikan para instruktur andal BLK Kendari sangat mendukung peningkatan produktivitas jurnalis.

“Terima kasih kepada Dr.La Ode Haji Polondu yang bersedia bekerja sama dengan PWI dalam upaya meningkatkan produktivitas wartawan. Bahkan dalam proses itu, kita tidak dikenakan biaya,” ujar Sarjono.

Wartawan senior LKBN Antara itu menambahkan, wartawan yang menjadi peserta pelatihan adalah anggota PWI dan direkomendasikan pimpinan media masing-masing. “Hanya saja, ada syarat yang mesti dipenuhi jika bersedia ikut, yaitu  sementara waktu dibebaskan dari tugas  sehari-hari hingga proses pelatihan usai,” tambah Sarjono.

Kepala BLK Kendari, Dr.La Ode Haji Polondu menegaskan dukungannya terhadap program PWI Sultra untuk meningkatkan skill wartawan dalam desain grafis. La Ode Haji Polondu memastikan menyiapkan paket pelatihan selama lima hari dengan jumlah peserta sekira 30 orang.

“Ini adalah wujud kepedulian BLK Kendari terhadap kompetensi masyarakat termasuk wartawan yang memiliki peran penting dalam pembangunan daerah, bangsa dan negara,” ujar mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kementerian Ketenagakerjaan RI itu. (ali)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top