Ramadhan

Mendulang Keberkahan di Bulan Penuh Berkah

KENDARINEWS.COM-Ramadan merupakan momentum paling ditunggu umat muslim. Pasalnya, di bulan itu seluruh amal perbuatan manusia dilipatgandakan oleh Allah SWT. Atas dasar itulah, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir tak henti mengajak umat Islam berlomba-lomba memperbanyak ibadah selama Ramadan.

H.Sulkarnain Kadir mengatakan Ramadan menjadi ladang mengejar pahala. Makanya, umat Islam harus benar-benar memanfaatkan bulan penuh berkah ini. Mulai melaksanakan salat baik wajib dan sunnah termasuk tawarih, tadarrus dan berbagi dengan masyarakat kurang mampu. Apalagi banyak warga Kota Kendari yang terkena imbas wabah covid-19.

“Di masa pandemi ini tidak sedikit warga yang terdampak. Uluran tangan bagi mereka yang berkecukupan akan membantu meringankan beban warga kurang mampu. Allah SWT sudah menjanjikan, barang siapa yang berbuat kebaikan dibulan ramadan, maka akan dilipat gandakan pahalanya,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Kendari, dr. Hj. Siska Karina Imran menambahkan terdapat beberapa amalan yang bisa dilakukan selama bulan Ramadan. Selain puasa, umat Islam dianjurkan menunaikan ibadah salat tarawih secara berjamaah baik di masjid maupun dirumah masing-masing. Meskipun salat tarawih merupakan sunnah, namun akan menambah pahala dan menambah kesempurnaan ibadan di bulan ramadan.

“Untuk itu, jangan malas-malasan untuk menunaikan salah tarawih sehabis berbuka puasa. Selain bisa dilaksanakan dimasjid dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes), memakai masker, mencuci tangan dan jaga jarka, juga bisa dilaksanakan dirumah bersama keluarga tercinta,” kata Siska Karina Imran.

Di sisi lain kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini, umat muslim dianjurkan menunaikan tadarus Al-Quran dan bersedekah. Selain kita mendapatkan berkah dari Allah SWT, tadarrus dan bersedekah juga mampu meningkatkan ketaqwaan dan iman kita untuk menjalani ibadah puasa.

“Sedekah adalah salah satu kewajiban umat muslim baik di bulan Ramadan ataupun tidak. Namun, sambung dia mengingat berkah bulan ramadan lebih berlipat ganda, ada baiknya umat muslim tak melewatkan momentum ramadan untuk bersedekah dan menunaikan zakat. “Tapi ingat, bersedekah harus didasari dengan niat yang ikhlas dan tulus,” kata Siska. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top