Buton

Meminimalisir Kejahatan, Pemda Buton Tambah Lampu Jalan

ilustrasi

KENDARINEWS.COM– Selain aspal yang mulus, infrastruktur jalan di Buton juga akan dilengkapi dengan penerangan. Itu demi memberi kenyamanan para pelintas jalan, sekaligus juga meminimalisir potensi kriminal di jalanan. Lebih dari itu, Lintasan Harian Kendaraan (LHR) juga terus meningkat. 

Hal itu dibenarkan Bupati Buton La Bakry. Dia mengatakan, meski belum seluruh wilayah, namun setiap tahun pemerintah selalu berusaha ‘menyicil’ poros-poros jalan umum agar memiliki lampu jalan. “Tahun lalu ada, tahun ini ada juga, nanti tanya di Dishub detailnya, tapi itu ada, sebagai respon kita pada usulan-usulan masyarakat apalagi itu berkaitan dengan sektor-sektor strategis,” katanya.

Dicontohkannya, di kawasan wisata pantai Wabula, penting untuk dilengkapi lampu jalan. Untuk memberi kenyamanan dan keamanan pengunjung. “Di sana sektor wisata unggulan kita, kalau gelap malah rawan, tahun ini itu sudah ada lampu-lampu jalan di pantai,” terangnya. 

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Buton Nasbah mengatakan tiga titik yang akan dijangkau lampu jalan tahun ini adalah Kecamatan Wabula, Pasarwajo dan Lasalimu. Saat ini, proyek pengadaan lampu jalan dimaksud sudah di pihak ketigakan.  “Sudah ada pemenang tendernya. Sepertinya sudah jalan, nanti saya cek lagi,” katanya. 

Mantan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana itu menambahkan, enggan membocorkan berapa total anggaran untuk pengadaan tersebut. Ia hanya menyebut jika anggarannya dibawah angka tahun lalu.

Tahun lalu, Dishub kebagian anggaran hampir 4 miliar untuk penerangan jalan. Itu digunakan di dua titik, jalan poros Wabula dan jalan poros 25. Rp 1,4 M di Wabula, dan Rp 2,5 untuk jalan 25 kecamatan Pasarwajo. “Lebih besar tahun lalu. Karena kondisi anggaran kita tahun ini sebagian harus dialihkan ke covid,” pungkasnya. (lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top