Nasional

Membangun Networking Ekonomi, KNPI Harus Inklusif

KENDARINEWS.COM — Alvin Akawijaya Putra sukses meraih takhta Ketua DPD KNPI Sultra. Setelah ditetapkan sebagai calon tunggal, Alvin terpilih aklamasi dalam Musyawarah Daerah (Musda) ke-15 KNPI Sultra. Putra Gubernur Sultra Ali Mazi itu menakhodai DPD KNPI Sultra periode 2021-2024.

Ketua DPD KNPI Sultra terpilih Alvin Akawijaya Putra mengatakan, langkah pertama yang akan dilakukan dalah menata struktur organisasi. Hal itu sangat penting sebagai kekuatan utama dalam bekerja memajukan dan menggaungkan nama KNPI. Tentunya dengan karya besar tidak hanya sebatas formalitas. “Saya juga berharap sinergi dan kerja sama yang baik. Agar sama-sama membangun KNPI lebih maju dan berjaya dimasa mendatang,”kata Alvin Akawijaya Putra kepada Kendari Pos, Minggu (30/5).

Ketua KNPI Sultra terpilih, Alvin Akawijaya Putra (dua dari kanan) menerima draft hasil-hasil Musda KNPI yang diserahkan Ketua Presidium Sidang Musda ke-XV KNPI, M.Syahwan Arey setelah terpilih aklamasi, Minggu (30/5)

Dalam menakhodai DPD KNPI Sultra, Alvin Akawijaya Putra berkomitmen menciptakan sebuah sistem organisasi yang terbingkai dalam enlightenment (pencerahan). Secara umum gelombang enlightenment comunity yaitu sebuah jaringan generasi yang memiliki otoritas keilmuan yang didasarkan pada kesamaan ide untuk memasok gagasan dan melakukan perubahan di semua ranah. Penekanannya mengharuskan interaksi sesama penggiat organisasi dalam segala aspek.

“Sistem enlightenment comunity, maka interaksi yang terbangun dalam KNPI harus memperhatikan faktor kesamaan ide dan gagasan, bukan otoritas struktur dan wibawa personal apalagi senioritas,” papar Alvin.

Untuk mewujudkan enlightenment community, lanjut Alvin, dibutuhkan kerja keras berkesinambungan yang harus digerakkan seluruh pemuda dan Organisasi Kepemudaan (OKP) yang berhimpun dalam KNPI, yang telah bersepakat dengan ide enlightenment community. “Maka perlu disusun prioritas agenda untuk merintisnya,” tegas Alvin.

Beberapa prioritas tersebut yakni intelektual booming. Sebagai organisasi yang menghimpun seluruh elemen kepemudaan maka KNPI Sultra perlu memfasilitasi dan memback up kegiatan pemuda serta mendorong agar mereka membiasakan kegiatan yang beraroma intelektual. Sehingga dapat menghasilkan solusi-solusi cerdas terhadap berbagai persoalan yang dihadapi dalam ranah kebangsaan, kedaerahan ataupun ranah kepemudaan.

“KNPI Sultra harus menjadi laboratorium ide dan gagasan sebagai tempat persemaian dan pemantik munculnya intelektual booming. Dari para intelektual muda inilah eksistensi KNPI secara real dipertaruhkan. Sebab siapa yang menguasai wacana maka dia pula yang akan menguasai zaman,”urain Alvin.

Alvin menambahkan, membangun jaringan ekonomi juga sangat penting. Ketergantungan pemuda pada kebutuhan ekonomi kadang menyebabkan runtuhnya sendi-sendi idealisme yang dimiliki. Olehnya itu, kata dia, KNPI Sultra akan berusaha maksimal membuka dan membina hubungan baik demi penciptaan peluang dan lapangan kerja. Sehingga ketergantungan ekonomi pemuda dapat terkikis secara perlahan.

Dalam membangun networking ekonomi, KNPI Sultra harus bersifat inklusif. Artinya harus membuka diri untuk berinteraksi dengan lembaga dan person manapun. “Selama tidak bertentangan secara nyata dengan perjuangan dan idealisme KNPI,” tandas Alvin.

Sebelumnya, Steering Comitee (SC) Musda KNPI Sultra Hidayatullah mengatakan, setelah melalui musyawarah bersama, peserta Musda memutuskan secara aklamasi calon tunggal Alvin Akawijaya Putra sebagai Ketua DPD KNPI Sultra. “Terpilih secara aklamasi. Dihadiri dan disaksikan langsung dari DPP KNPI,” kata Hidayatullah kepada Kendari Pos, Minggu (30/5).

Tahap selanjutnya, lanjut Hidayatullah, mide formatur bersama Ketua DPD KNPI terpilih, akan menyusun komposisi kepengurusan. Setelah rampung, akan dibawa ke DPP KNPI untuk di proses lebih lanjut. “Waktu proses di pusat, dalam waktu yang tidak begitu lama. Setelah terbit Surat Keputusan (SK) penetapan kepengurusan baru, maka agenda selanjutnya memasuki tahap pelantikan,” jelas mantan Ketua KPU Sultra itu. (ali/b).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top