Metro Kendari

Masifkan Sosialisasi Program Vaksinasi, Sulkarnain Serahkan Kendaraan Operasional

KENDARINEWS.COM — Meski telah dinyatakan aman, tidak sedikit warga Kota Kendari yang masih enggan divaksin. Untuk itulah, Pemkot Kendari terus memasifkan sosialisasi vaksin. Sebagai bentuk dukungan, Pemkot memberikan kendaraan operasinal Dinas Kesehatan (Dinkes). Upaya itu diharapkan mampu mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk mau divaksin.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya pemberian vaksin. Salah satu caranya dengan memberikan himbauan secara rutin kepada masyarakat.

“Sosialisasi itu sangat penting sekali. Jadi nanti kendaraannya akan digunakan untuk itu. Mudah-mudahan nanti masyarakat bisa teredukasi, bisa sadar bahwa vaksin itu penting. Bukan hanya itu, sosialiasi agar warga disiplin protokol kesehatan juga penting,” kata Sulkarnain Kadir saat menyerahkan kendaraan operasional kepada Dinkes di Claro Kendari.

Politisi PKS Sultra ini berharap, adanya tambahan armada baru kali ini bisa mendorong tenaga kesehatan (naskes) bekerja maksimal dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masayarakat. “Jadi selain sosialisasi, kendaraan ini juga bisa digunakan untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan pertolongan apalagi dalam kondisi emergency (darurat),” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinkes Kendari drg Rahminingrum mengungkapkan, bantuan kendaraan operasional kali ini berasa dari Kementerian Kesehatan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Adapun bantuan kendaraan operasional yang diberikan berupa 1 unit kendaraan roda empat untuk promosi kesehatan (Promkes), 2 unit ambulance dan 17 unit kendaraan roda dua.

“Kalau mobil promkes diberikan ke Dinas Kesehatan nanti akan digunakan untuk mensosialisasilan program vaksinasi. Begiupun dengan 2 ambulance yang akan diberikan ke dua puskesmas yakni Puslesmas Benu-benua dan Wuawua. Sedangkan untuk kendaraan roda dua akan digunakan oleh nakes yang ada di puskesmas,” ungkapnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top