Maret, Gedung Perpustakaan Daerah Diresmikan


KENDARINEWS.COM — Gedung perpustakaan modern akan segera difungsikan. Rencananya, gedung berlantai tujuh ini akan diresmikan bulan Maret 2022. Tidak hanya itu, Pemprov Sultra tetap akan terus melanjutkan pengerjaan interior. Tahun ini, pengerjaannya difokuskan untuk lantai tiga hingga enam.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sultra, Nur Saleh mengatakan pengerjaan interior lantai satu dan dua gedung perpustakaan bertaraf internasional telah masuk tahap finishing. Sejumlah fasilitas, perabotan dan perangkat teknologi yang mendukung perpustakaan digital terus dilengkapi. Jika tak ada kendala, pengerjaannya akan segera dirampungkan dalam waktu dekat.

“Bulan Maret nanti rencananya akan diresmikan. Kami jadwalkan peresmian gedung perpustakan bisa dihadiri Presiden Joko Widodo,” kata Nur Saleh saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (4/1).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sultra, Nur Saleh

Peresmiannya digelar bersamaan dengan launching aplikasi E-Sultra. Melalui E-Sultra, pengunjung bisa mengakses seluruh buku di perpustakaan daerah. Ini adalah salah satu langkah yang dilakukan pihak dinas perpustakaan dalam menghadapai tantangan kemajuan teknologi.

“Kami berharap agar perpustakaan ini bisa menjadi wisata edukasi. Makanya, kami akan melangkapi koleksi buku yang dibutuhkan masyarakat. Untuk mengetahui kebutuhan atau minat masyarakat terhadap buku, kami telah membagikan kuesioner. Jadi, masyarakat bisa merekomendasi buku apa yang paling diminati,” ujarnya.

Tahun ini, pihaknya kembali melanjutkan pengerjaan lantai tiga sampai enam. Biaya pengerjaannya lebih besar dari tahun lalu. Jika sebelumnya hanya Rp 2,4 miliar, tahun ini angkanya mencapai Rp 3 miliar. “Pastinya, kami akan menyempurnakan gedung perpustakaan,” pungkasnya. (b/m1)

Pengerjaan Interior
2021 (Finishing)
Anggaran Rp 2,4 Miliar
Lantai I dan II

2022
Anggaran Rp 5 Miliar
Lantai III s.d VI

Diresmikan Maret 2022
Bersamaan Launching e-Sultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *