Olahraga

Manchester United Dinilai Tepat Rekrut Van de Beek

KENDARINEWS.COM — ”Donny menjadi Dennis”. Itulah unggahan dari akun Twitter Ajax Amsterdam saat mengunggah gol indah dari tendangan jarak jauh gelandang Donny van de Beek di De Toekomst (markas latihan tim) pada 11 Juli lalu. Gol itu dianggap mirip dengan gaya Dennis Bergkamp, mantan striker legendaris Ajax. ’’Ayah mertuamu seharusnya bangga,’’ imbuh cuitan klub penguasa Eredivisie itu. Ya, Bergkamp tidak hanya menemukan Van de Beek dari Jong Ajax (tim muda Ajax) saat menjadi asisten pelatih De Godenzonen –sebutan Ajax– periode 2011 sampai 2017. Mereka juga punya relasi di luar lapangan karena Bergkamp tak lain adalah ayah kekasih Van de Beek, Estelle Deborah.

Soccernews menulis, ada peran Estelle di balik keputusan Van de Beek memilih bergabung dengan Manchester United. Kemarin (31/8) Ajax dan United sepakat dengan biaya transfer GBP 39,3 juta (Rp 762, 4 miliar) yang sekaligus membuat Van de Beek sepakat dengan kontrak berdurasi lima tahun di The Red Devils, sebutan United. Musim ini ada rumor Bergkamp juga kembali ke Premier League. Atau tepatnya ke mantan klubnya, Arsenal (1995–2006). Bergkamp ditawari menjadi asisten Mikel Arteta.

Hanya, sejauh ini memang baru Van de Beek yang sudah pasti. Gelandang 23 tahun itu sudah ”menghilang” dari skuad Ajax saat mengalahkan Eintracht Frankfurt 2-1 dalam uji coba pramusim di Johan Cruijff Arena akhir pekan lalu (29/8) lantaran fokus dengan kepindahan ke United.
”Perkembangan itu (transfer ke United, Red) memang menjadi alasan kenapa kami tidak memasukkanya (Van de Beek) dalam skuad,” ucap tacticus Ajax Erik ten Hag kepada Ziggo Sport.

Di sisi lain, satu per satu pemain United memberikan ”sambutan” untuk Van de Beek di media sosial masing-masing. Hal itu wajar mengingat di antara big six, hanya United yang paling lambat dalam merekrut pemain baru. Malah The Red Devils sejatinya lebih dulu dikaitkan dengan wide attacker Borussia Dortmund Jadon Sancho. Tapi, harga mahal yang dipatok BVB –sebutan Borussia Dortmund– membuat United mengalihkan target.

Tipikal Van de Beek sebagai gelandang box-to-box dan bisa bermain di semua posisi di lini tengah bakal menambah kekuatan lini tengah United yang sudah memiliki Bruno Fernandes dan Paul Pogba. ’’United sangat membutuhkan pemain seperti dia dalam tim mereka,’’ klaim Rafael van der Vaart, mantan gelandang serang Ajax yang pernah main di Premier League bersama Tottenham Hotspur, kepada Voetbal International.
’’Bintang yang tak pernah dilirik”. Begitulah istilah yang diberikan Mauricio Pochettino semasa masih menangani Tottenham Hotspur saat menghentikan laju Ajax di semifinal Liga Champions 2018–2019.

’’Tidak ada satu pun yang membicarakannya. Tetapi, dia dinamis dalam laga dan operasi serangan Ajax ada di tangannya,” tutur Poche kepada El Pais. Kepada Sky Sports, mantan kiper United Mark Bosnich memahami keputusan pelatih United Ole Gunnar Solskjaer yang menambah padat barisan gelandang kreatornya dengan Van de Beek. ’’Ole belajar dari pengalamannya saat berhasil membawa treble bagi United (1998 –1999, Red). Saat itu United memiliki empat striker (Teddy Sheringham, Andy Cole, Dwight Yorke, dan Solskjaer) karena sangat penting memiliki pemain backup setara di tiap posisi,’’ beber Bosnich. (JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top