Konawe

Mall Pelayanan Publik Siapkan Layanan Aspirasi Online

KENDARINEWS.COM — Gedung Mall Pelayanan Publik (MPP) Konawe akan dibangun dalam waktu dekat ini, di eks kantor Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar). Berbagai jenis layanan publik disediakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) pada gedung yang biaya pembangunannya akan menghabiskan anggaran hingga Rp 4 miliar tersebut. Mulai dari pengurusan KTP, SIM, layanan perpajakan, keimigrasian dan lainnya. Di gedung itu pula, nantinya Pemkab menyediakan loket khusus bagi warga yang ingin menyuarakan aspirasinya terkait roda pembangunan di daerah berjuluk lumbung beras Sulawesi Tenggara (Sultra) tersebut.

Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara, mengatakan, layanan aspirasi online digagas salah satunya untuk menciptakan kondusivitas daerah. Dengan layanan itu, warga bisa melaporkan berbagai hal seputar pemerintahan yang dijalankan duet Bupati, Kery Saiful Konggoasa bersama dirinya. “Program ini sudah kami gagas sejak dilantik sebagai bupati dan wakil bupati Konawe. Tapi karena beberapa hal, baru bisa kita kerjakan pada tahun ini,” ujar Gusli Topan Sabara, kemarin.

Politikus PAN Konawe itu melanjutkan, dengan adanya loket pelayanan aspirasi online di MPP, warga tak perlu lagi menggelar aksi unjuk rasa di ruang terbuka. Aduan masyarakat yang masuk ke loket pelayanan aspirasi yang berbasis digital, bakal ditindaklanjuti paling lambat selama tujuh hari kerja oleh Pemkab Konawe. Lewat dari batas waktu tersebut, sambungnya, ia tak mempersoalkan jika warga memilih menggelar aksi demontrasi.

“Ini merupakan inovasi yang pertama kali dilakukan di Indonesia. Pada intinya, yang namanya aspirasi itu harus disahuti,” klaimnya. Gusli Topan Sabara menyebut, loket layanan aspirasi online di gedung MPP Konawe, juga dimaksudkan untuk memberi kenyamanan investasi di wilayah tersebut. Dirinya berharap, MPP Konawe bisa nantinya difungsikan secara maksimal sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa efektif dan efisien. “Kita ingin semua pelayanan publik terintegrasi dan cepat. Selambat-lambatnya akhir tahun ini, gedung MPP Konawe sudah tuntas dibangun,” tandas mantan Ketua DPRD Konawe itu. (c/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

To Top