HEADLINE NEWS

Malam Tahun Baru di Rumah Saja! Akses Jalan Kendari Beach Dialihkan

KENDARINEWS.COM — Perayaan malam tahun baru kali ini berbeda dari biasanya. Pasalnya, pandemi Covid-19 belum berakhir. Tak mau euforia pergantian tahun menjadi sumber penularan baru (klaster) covid-19, Pemkot Kendari menerbitkan Surat Edaran (SE) nomor 003.2/5851/2020 tentang kegiatan masyarakat selama libur Nataru. Regulasi itu diharapkan membuat warga tetap berada dirumah selama libur, termasuk saat perayaan malam tahun baru 2021.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, meminta warga mengemas perayaan malam pergantian tahun secara sederhana dan tidak melakukan aktifitas yang berpotensi menciptakan kerumunan. “Wabah covid-19 masih ada di sekitar kita, masih menjadi ancaman serius bagi kita. Jadi saya imbau kepada masyarakat untuk perayaaan natal dan tahun baru saat ini dilakukan lebih sederhana, kalau perlu tetap berada di rumah saja. Berkumpul bersama keluarga sebagaimana perayaan hari besar agama yang lalu ketika Idul Fitri dan Idul Adha,” kata Sulkarnain Kadir.

Untuk menangkal timbulnya klaster Nataru, Pemkot telah menutup sejumlah tempat yang dianggap menjadi pusat keramaian seperti wisata Pantai Nambo, Kebun Raya Kendari, dan Taman Kota (Tamkot) Kendari. Esok (31/12), pihaknya melalui Satgas Penanganan Covid-19 bekerja sama dengan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) XXI Kendari dan Dirlantas Polda Sultra akan menutup akses jalan Kendari Beach dan mengamankan lalulintas Jembatan Teluk Kendari (JTK).

“Beberapa fasilitas umum kita sudah tutup untuk tidak dipergunakan. Untuk jembatan teluk juga kita sudah kordinasi dengan pihak balai sebagai penanggungjawab, hanya bisa dilintasi oleh kendaraan, hanya bisa dilewati dan tidak boleh ada aktifitas diatas jembatan. Di jalan sekitar kawasan Kendari Beach juga kita tutup tetapi tetap dialihkan. Tetap ada jual beli tapi tidak ada kegiatan seperti konvoi, arak-arakan, konser dan sejenisnya sepertu tahun-tahun yang lalu dilaksanakan,” tambahnya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menambahkan pengamanan malam pergantian tahun tak hanya melibatkan personil kepolisian dan BPJN, namun juga akan di-back up oleh Tim Yustisi Satgas Covid-19 Kota Kendari, “Mereka akan melakukan pengamanan,” ujarnya.
Terpisah, Ketua Tim Yustisi Satgas Penanganan Covid-19 Kota Kendari, AKP Yusuf Muluk mengaku akan menurunkan sekira 112 personil di empat lokasi pengamanan nataru yakni di JTK, Kendari Beach, Pelataran Tugu Religi dan Jembatan Kuning (Bungkutoko). Masing-masing titik akan dijaga sekira 28 personil.

“Nanti kita gelar operasi yustisi secara mobile. Setiap satu jam petugas akan bergantian menggelar operasi. Jadi masyarakat tak luput dari pantuan,” kata Yusuf. Dia pun berharap, masyarakat tidak merayakan malam pergantian tahun secara berlebihan, yang berpotensi mengundang kerumunan orang. “Sebaiknya dirumah saja, toh kalau terpaksa keluar saya minta masyarakat tetang menerapkan protokol kesehatan. Pakai masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dan tidak berkerumun guna terhindar dari covid-19,” pungkasnya. (b/ags)

Tangkal Timbulnya Klaster Nataru

  1. Tutup Tempat Wisata
  2. Jam Operasional THM Dibatasi
  3. Awasi Titik Pusat Keramaian
    -JTK, Kendari Beach, Tugu Religi dan Jembatan Kuning
  4. Pengamanan Gandeng TNI-Polri dan Instansi Terkait
  5. Libatkan Tim Yustisi Satgas Covid-19
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top