Kolaka

Maksimalkan Pelayanan, Tujuh Kepala Puskesmas di Kolaka Dilantik


KENDARINEWS.COM — Mewakili Bupati Kolaka, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setkab, Muhammad Bakri, melantik 20 pejabat eselon III dan IV lingkup Dinas Kesehatan, Selasa (15/9) sore. Diantara 20 pejabat tersebut, terdapat tujuh Kepala Puskesmas (Kapus) baru yang dilantik. Yakni Kapus Kolaka, Kolakaasi, Latambaga, Wundulako, Baula, Wolo dan Tanggetada.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setkab Kolaka, Muhammad Bakri, saat melantik 20 pejabat eselon III dan IV lingkup Dinas Kesehatan, kemarin

Bakri menjelaskan, pelantikan tersebut merupakan hal yang biasa dalam dinamika pemerintahan. Terkait pergantian tujuh Kapus, kata dia hal itu dilakukan dalam rangka akreditasi Puskesmas. Dalam waktu yang tidak terlalu lama akan dilakukan penilaian. “Saat ini sudah ada beberapa Puskesmas yang terakreditasi. Bahkan satu Puskesmas di Kecamaatan Pomalaa itu terakreditas paripurna. Akreditasi ini merupakan hal yang penting,” ujarnya.

Bakri menambahkan, ada beberapa hal penilaian dalam akreditasi Puskesmas. Diantaranya adalah pelayanan dan administrasi. Untuk itu, dibutuhkan pimpinan Puskesmas yang handal. “Maju atau tidaknya Puskesmas tersebut tergantung dari pimpinannya. Jadi kami mau ada pelayanan maksimal di sentra kesehatan masyarakat itu. Makanya, kami harus lakukan pembinaan dengan pergeseran sehingga dalam akreditasi nanti bisa meraih hasil. Minimal madya,” tuturnya.

Bakri mengungkapkan, jabatan Kapus dibutuhkan orang yang betul-betul bisa memahami tugas dan tanggung jawab dalam rangka pelayanan dasar di tingkat kecamatan. “Kami harapkan Kapus ini dapat menjadi ujung tombak di kecamatan,” imbuhnya. Dalam pelantikan tersebut juga disaksikan sejumlah pejabat eselon II yaitu Inspektur Kolaka, Mujahidin, Kepala BKPSDM, H. Andi Tenri Gau dan Kepala Dinas Kesehatan, Harun Masirri. (c/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top