MA Ummusshabri Kendari Raih 3 Perunggu di Olimpiade Matematika Tingkat Nasional

Edukasi

KENDARINEWS.COM — Kembali berprestasi, Madrasah Aliyah Pesantren Ummusshabri (MA Pesri) Kendari telah membuktikan kualitasnya di tingkat Nasional. Prestasi kembali ditorehkan siswanya pada ajang Madrasah Science Competition bidang Olimpiade Sains Matematika yang dilaksanakan oleh Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) di Medan, pada tanggal 28 Februari 2021.

Kegiatan Olimpiade Sains Matematika yang digelar secara online ini, diikuti sebanyak 2004 kontestan dari berbagai Madrasah dan Sekolah di Indonesia. Alhasil Siswa MA Pesri Kendari mampu menyumbangkan 3 medali perunggu masing-masing melalui; Fakri Aldiansyah Putra, Amanda Rossy R.N., dan Nur Khairun Niza Salsabila.

Menurut guru pembimbing lomba, Suci Rahma Hamid, S.Pd., M.Pd, bahwa untuk mencapai prestasi tersebut, siswa dibimbing melalui kegiatan ekstra kurikuler bidang olimpiade sains yang dilaksakan pada jam-jam setelah pembelajaran formal. Yakni dalam bentuk latihan mengerjakan soal soal yang biasa dipakai pada ajang OSN/KSM tingkat Nasional.
“Semoga perolehan medali perunggu ini dapat memacu semangat dan motivasi mereka untuk terus belajar dan mengasah diri mempersiapkan berkompetisi di event-event berikutnya, saya punya keyakinan ke depan mereka bisa mempersembahkan hasil yang lebih baik,” Harapnya.

Sementara Kepala Madrasah Aliyah Pesri Kendari Agus Sugito, S.Th.I,. M.Pd turut bersyukur atas prestasi ini “Alhamdulillah, saya ucapkan selamat atas prestasi nasional yang kembali diraih oleh siswa-siswi MA Pesri, serta penghargaan kepada guru pembimbing dan orangtua siswa, atas jerih payahnya dalam melakukan proses bimbingan. Hal ini menandakan bahwa sistem kendali mutu pendidikan MA Pesri berjalan dengan baik, teratur dan terukur, serta tetap mengarah pada target,” terangnya.

Menurutnya memupuk semangat berkarya melalui prestasi, dalam kondisi yang masih serba terbatas karena situasi covid-19 ini, merupakan tantangan yang cukup berat. Komunikasi yang intens antara guru dengan orangtua siswa, adalah kunci terjaganya motivasi semangat belajar serta berkompetisi bagi siswa.

“Hikmah besar atas kondisi covid-19 ini adalah, kita sebagai warga pendidikan tidak boleh berdiam diri atau berpuas diri, mengingat pendidikan adalah ruh peradaban yang terus berkembang dan dinamis, maka kita harus berani keluar dari zona nyaman dan terus berupaya melakukan eksplorasi strategi pembelajaran yang mengedepankan aspek efektif dan efisien, sehingga mampu menaklukkan kendala-kendala teknis dan non teknis,“ katanya optimis.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Ummusshabri Kendari, Drs. H. Arsidik Asuru, M.Ag mengapresiasi pencapaian prestasi ini, memberikan apresiasi kepada MA Pesri yang kembali mengharumkan nama Ummusshabri di kancah Nasional, semua ini bukti bahwa lembaga pendidikan di Ummusshabri sudah memiliki arah dan langkah yang tepat untuk sebuah kemajuan di bidang pendidikan, hal ini terbukti dengan perolehan prestasi demi prestasi yang dipersembahkan oleh siswa-siswinya di semua tingkatan. Bahkan untuk bulan Februari 2021 ini, siswa-siswi MI, MTs dan MA telah berhasil menyumbangkan medali diberbagai event tingkat Nasional.
“Prestasi yang diraih tersebut harus menjadi motivasi dan penyemangat untuk mempersembahkan yang lebih baik, karenanya jangan cepat puas dan teruslah berbenah,“ harapnya.(adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *