Metro Kendari

Lukman Abunawas : Tahun Ini Beasiswa S1-S3 Dianggarkan Rp 20 Miliar

KENDARINEWS.COM — Sektor pendidikan menjadi salah satu program prioritas Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN). Tak heran, Pemprov rutin menggelontorkan anggaran miliar tiap tahun melalui program Sultra Cerdas. Tidak hanya membangun sarana dan prasarana, anggaran ini turut diperuntukan biaya pendidikan jenjang S1 sampai S3 atau doktoral. Tahun 2021, Pemprov telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 20 miliar.

Wakil Gubernur (Wagub) Sultra, H Lukman Abunawas mengatakan Cerdas Sultra merupakan salah satu dari lima program prioritas AMAN. Empat lainnya yakni Sultra Berbudaya dan Beriman, Sultra Sehat, Sultra Produktif serta Sultra Peduli Kemiskinan. Lima program prioritas inilah yang menjadi acuan kerja Pemprov Sultra. “Jadi, bantuan beasiswa Sultra Cerdas tetap dilanjutkan tahun 2021. Anggarannya lumayan besar. Kalau tidak salah, sekitar Rp 20 miliar. Nominal yang diterimanya pun cukup besar hingga Rp 20 juta. Semuanya tergantung jenjang beasiswanya,” kata Lukman Abunawas.

Beasiswa Sultra Cerdas kata mantan bupati Konawe dua periode ini, diperuntukan kepada pelajar yang berprestasi maupun kurang mampu yang menempuh pendidikan jenjang S1 sampai S3. Jika menyelesaikan studi, mereka diharapkan bisa kembali dan mengabdi ke daerah. “Bukan hanya keluarga miskin, mereka yang berprestasi meski mampu tetap berkesempatan mendapatan beasiswa. Tapi kami tetap memprioritas mereka yang kurang mampu. Kita ingin memastikan anak dari keluarga miskin bisa melanjutkan studi,” ujar mantan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra ini.

Program ini bagian dari upaya Pemprov meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Untuk bisa bersaing di masa mendatang, generasi penurus harus disiapkan secara matang. Salah satunya dengan meningkatkan mutu pendidikan dan SDM. “Kita akan terus mengupayakan adanya program ini. Sebab ini untuk para generasi penerus. Anggarannya sendiri melekat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra. Dan setiap tahun dianggarkan,” pungkasnya. (c/rah)

Program Sultra Cerdas
-Peningkatan Sarana dan Prasarana
-Fasilitas Belajar
-Pemberian Beasiswa

Beasiswa Sultra Cerdas
-Anggaran Rp 20 Miliar
-Jenjang Pendidikan S1 s.d S3
-Nominal Disesuaikan dengan Jenjang Pendidikan
-Terbesar Rp 20 Juta

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top