Metro Kendari

Lukman Abunawas : Ada Kartu Sultra Sehat, Warga Miskin tak Perlu Pikir Biaya

KENDARINEWS.COM — Untuk mengakomodir warga yang belum tercover dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Pemprov Sultra terus menambah anggaran Jamkesda. Tahun 2021, anggaran Kartu Sultra Sehat sebesar Rp 15 miliar. Bila merujuk tiga tahun terakhir, anggaran ini terus meningkat. Mulai dari Rp 5 miliar tahun 2018 sebesar dan 2020 Rp 10 miliar.

Wakil Gubernur (Wagub) Sultra, H Lukman Abunawas mengatakan sektor kesehatan menjadi prioritas pemerintah. Atas dasar itu, pemerintah berusaha memastikan layanan kesehatan gratis bagi warga melalui Kartu Sultra Sehat. “Warga kurang mampu tak perlu pusing memikirkan biaya. Cukup dengan kartu Sultra Sehat, mereka bisa mendapatkan layanan secara gratis,” kata Lukman saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (23/2).

Kartu Sultra Sehat sambung mantan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra, merupakan program AMAN. Programnya telah berjalan sejak dirinya dan gubernur dilantik sebagai kepala daerah. Hingga kini, program ini terus berjalan dan terus berusaha mengakomodir warga yang belum tercover

“Hanya dengan kartu ini, semua item pelayanan kesehatan bisa diperoleh secara gratis. Mulai biayaperawatan, pengobatan sampai operasi. Jadi apa saja, yang penting dia punya keterangan tidak mampu dari desa. Dananya kita anggarkan tiap tahun” kata mantan Bupati Konawe dua periode ini. Bagi masyarakat yang terkendala biaya pengobatan dan tidak mampu sambungnya. bisa menggunakan kartu tersebut melalui dinas kesehatan. “Di luar JKN maupun BPJS, kami Pemprov Sultra siap. Justru banyak pesertanya karena betul-betul bebas mau di operasi maupun di rujuk. Di rumah sakit rujukan khususnya di RS Bahteramas, ada yang standby dan bagi yang kurang mampu bawa saja surat keterangan tidak mampu akan langsung dilayani,” tutupnya. (c/rah)

Program Kartu Sultra Sehat
2021 Rp 15 Miliar
2020 Rp 10 Miliar
2019 Rp 10 Miliar
2018 Rp 5 Miliar

Bebas Biaya Perawatan, Pengobatan dan Operasi
RS Bahtermas Jadi RS Rujukan
Jumlah Peserta Tiap Tahun Bertambah

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top