Hukum & Kriminal

Longboat Mati Mesin di Perairan Buton, 2 Korban Selamat Dievakuasi

KENDARINEWS.COM — Dua warga Wakatobi yang terombang-ambing di perairan Buton berhasil diselamatkan. Suharman (41) dan La Ode Adi (25) ditemukan tim resque SAR sekitar 1,5 NM dari lokasi kejadian pukul 17.11 Wita. Keduanya masih di atas longboat yang mengalami mati mesin. Tim rescue lalu mengevakuasi korban menuju pelabuhan Wanci. “Korban telah ditemukan dengan keadaan selamat. Kini, mereka telah diserahkan ke pihak keluarga,” beber Aris Sofingi, Kepala Kantor SAR Kendari.

Aris Sofingi mengatakan kabar kecelakaan kapal baru diterima SAR Kendari pada pukul 15.05 Wita, Sabtu (26/12) dari keluarga korban bernama Harianto. Ia melaporkan bahwa pada pukul 14.00 wita telah terjadi kecelakaan kapal yakni satu buah longboat mengalami mati mesin di sekitar perairan Buton. “Atas laporan tersebut, pada pukul 15.25 Wita Tim Rescue Pos SAR Wakatobi diberangkatkan, menggunakan RIB menuju lokasi kejadian kecelakaan untuk memberikan bantuan SAR. Jarak antara lokasi kejadian dengan Pos SAR Wakatobi sekitar 19,22 NM (Nautical Mile), saat itu cuacanya cerah dengan tinggi gelombang berkisar 1 sampai 1,5 meter dan kecepatan angin 2 hingga 20 knot,” ungkapnya.

Kurang dari dua jam kata Aris, tepatnya pada pukul 17.11 wita Tim Rescue Pos SAR Wakatobi tiba di lokasi kejadian kecelakaan. Tim menemukan longboat beserta dua orang didalam longboat tersebut dalam keadaan selamat. Longboat tersebut ditemukan sekitar 1,5 NM dari lokasi kejadian. Selanjutnya korban dievakuasi menuju pelabuhan wanci.

“Pada pukul 20.50 wita, mereka tiba dipelabuhan wanci. Nah dengan ditemukannya longboat beserta dua orang POB dalam keadaan selamat. Operasi SAR terhadap satu buah longboat yang mengalami mati mesin di sekitar perairan Buton Kabupaten Buton dinyatakan selesai dan ditutup,” ujarnya. (c/ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top