Kolaka Utara

Lima Puskesmas di Kolut Diusul untuk Perbaikan

KENDARINEWS.COM — Tercatat ada lima Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) yang harus mendapat pembenahan agar lebih representatif. Pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) berupaya mengusulkan harapan itu ke Pemerintah Pusat agar bisa terealisasi 2022 mendatang. Kepala Dinas Kesehatan Kolut, Irham, menjelaskan, lima Puskesmas yang dipandang perlu direhab tersebut adalah Puskesmas Lasusua, Latali, Tolala, Porehu dan Wawo.

2022 mendatang, pihaknya kembali mengusul anggaran perbaikan agar bisa disetujui Pemerintah Pusat. “Contoh Puskesmas Lasusua sebagian besar masih bangunan lama dan lokasinya tidak begitu luas, Sudah perlu dirombak total dan ditingkatkan,” ungkapnya, Jumat (7/5). Tahun ini Kolut hanya mendapat jatah rehab berat dua unit Puskesmas di Mala-Mala dan Olo-Oloho. Setiap bangunan mendapat alokasi dana dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN) masing-masing Rp 3,2 miliar.

Proyek tersebut sementara dalam proses tender dengan target perampungan pengerjaan November 2021 mendatang. Baik Puskesmas Mala-Mala dan Olo-Oloho, seluruh struktur bangunan akan dibongkar menjadi bangunan baru. “Tahun lalu dua unit Puskesmas yang direhab yakni Rante Angin dan Batu Putih. Harapan kami semua unit pelayanan di kecamatan kondisi fisik bangunannya bisa ditingkatkan,” pungkas Irham. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top