Libur Nataru, KSOP Siapkan Armada Cadangan Untuk Penumpang


KENDARINEWS.COM — Memasuki libur natal dan tahun baru 2022 (Nataru), aktifitas penyeberangan di pelabuhan Kendari masih terbilang normal. Hingga kemarin, jumlah warga metro yang bepergian menggunakan jasa transportasi laut belum mengalami lonjakkan. Begitupun dengan penumpang yang mengarah ke Kendari.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Kendari, Letkol Marinir Agus Winartono mengatakan belum terjadi lonjakkan penumpang. Menurutnya, kondisi ini kemungkinan dipengaruhi oleh pemberlakuan kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Yang mana setiap kapal hanya boleh memuat penumpang maksimal 50 – 60 persen. “Okupansinya masih normal,” ujarnya usai melakukan sidak di Pelabuhan Kapal Wanci di Kendari, kemarin.

Jelang tahun baru 2022, aktifitas penyebarangan di pelabuhan Kendari masih terbilang normal. Penumpang menaiki Kapal Al Sudais 22 rute Kendari- Wakatobi, kemarin.

Kendati belum mengalami lonjakkan penumpang, pihaknya tetap mempersiapkan armada cadangan jika sewaktu-waktu jumlah penumpang meningkat dari hari biasanya. Utamanya menjelang tahun baru 2022. “Nanti kalau ada (Lonjakkan) tentu kita akan berusaha untuk menyiapkan armada cadangan. Tentu kita akan laporan ke pimpinan kalau masalah itu (pengadaan kapal cadangan).” kata Agus.

Pada kesempatan itu, Agus Winartono meminta seluruh kapten dan nahkoda kapal penumpang untuk tetap memberlakukan prokes ketat dalam aktifitas pelayarannya. Seluruh penumpang wajib memakai masker, mencuci tangan pada wadah yang sudah disiapkan, serta menjaga jarak antar penumpang.

“Itu penting dilakukan agar perjalanan aman dan nyaman dan yang terpenting penumpang dan awak kapal bisa terhindar dari penularan Covid-19,” kata Kolonel Agus. (b/ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *