Buton Utara

Lelang Jabatan Sekab, Pemkab Butur Anggarkan Setengah Miliar


KENDARIPOS.CO.ID — Sampai kini, kursi Sekretaris Kabupaten (Sekab) Buton Utara (Butur) masih lowong dan belum diduduki pejabat definitif. Jabatan jenderal ASN itu masih diamanahkan pada Yuni Nurmalawati, Penjabat (Pj) yang ditunjuk Gubernur Sultra, Ali Mazi. Untuk mencari pejabat definitif, tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Butur telah menggelontorkan anggaran kurang lebih setengah miliar rupiah untuk membiayai segala proses lelang jabatan secara terbuka dan dijadwalkan Juni mendatang.

Ridwan Zakariah

Bupati Butur, Ridwan Zakariah, mengungkapkan, semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memenuhi syarat mengikuti lelang jabatan berpeluang menduduki jabatan Sekab. “Saya kira setiap PNS yang memenuhi syarat kepangkatan punya potensi menjadi Sekab,” ujar Ridwan Zakariah saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin. Mantan Sekab Buton itu menambahkan, calon pejabat tersebut memang harus memiliki talenta atau bakat yang bisa dikembangkan dan bina. Disisi lain, dipertimbangkan dengan berbagai aspek, kultur, kewilayahaan dan putra daerah. Ridwan Zakariah berharap jabatan prestisius bagi abdi negara itu bisa ditempati putra daerah.

“Saya rasakan pertama jadi Sekab Buton waktu itu, juga kaku. Mau buat apa. Ya, susah-susah gampanglah. Lelang Sekab terbuka untuk umum tapi kita harapkan kalau ada putra daerah yang bisa, harus menjadi pilihan,” terang Ridwan Zakariah. Ia mengungkapkan, terkait PNS mana yang dipilih nanti semua berdasarkan rekomendasi panitia seleksi (Pansel) yang dibentuk. “Tergantung Pansel kalau merekomendasikan peserta dari luar apa boleh buat, sudah itu konsekuensi,” tandas Butur-1 tersebut. (b/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top